Dinkes Kesulitan Periksa Sampel MR

0
224
BUPATI Karimun Aunur Rafiq memberikan penjelasan tentang pentingnya imunisasi MR bagi anak anak seusia siswa SMP Negeri 2 Tebing, Karimun. f-istimewa

Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun mengakui kesulitan, dalam melakukan pemeriksaan campak dan Rubella. Tahun 2016 dan tahun 2017 lalu, Dinkes telah melakukan pemeriksaan terhadap 37 sampel.

KARIMUN – ”Tahun 2016 dari 37 sampel suspect yang kita periksa 21% positif campak, dan 14% positif rubella serta 65% negatif. Tidak semua kasus suspect diperiksa karena keterbatasan anggaran. Diperlukan biaya yang besar, jika semua sampel atau yang dicurigai dilakukan,” kata Kadinkes Karimun Rahmadi, kemarin

Ia menjelaskan, sampel dari Karimun dibawa ke Jakarta. Selanjutnya, akan diperiksa dan hasil baru diketahui setelah beberapa hari. ”Inilah yang membuat salah satu anggaran besar, pemerintah melakukan pemeriksaan guna mengetahui, apakah di daerah pernah ada kasus atau tidak,” tambah Rahmadi.

Kini Dinas Kesehatan Karimun, lanjut Rahmadi, memiliki rasa waswas mengingat pelaksanaan imunisasi MR. Sampai hari ini, baru terlaksana 30 persen dari puluhan ribu sasaran.

Ia khawatir, kelak kasus Rubella dan campak bisa terjadi hingga KLB.  Ia mencontohkan, salah satu daerah di Indonesia yang telah berstatus KLB campak dan Rubella.

Guna mencegah campak dan Rubella, Rahmadi mengimbau masyarakat untuk datang ke Puskesmas dan Posyandu terdekat melaksanakan imunisasi MR.

Menurut dia, fatwa terkait kehalalan vaksin menjadi penyebab keterlambatan atau ke engganan anak ikut IMR.

Meskipun demikian, pihaknya terus melakukan sosialisasi pada masyarakat lewat Puskesmas.

”Kalau mau sukses pelaksanaan IMR di Karimun. Pertama, seluruh keluarga Aparatur Pemerintahan harus menjadi contoh IMR. Pertanyaan saat ini, jangan mengimbau orang lain melakukan Imunisasi, tetapi anaknya sendiri tidak imunisasi karena terkait kehalalan vaksin,” kata Lago warga Meral. (ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here