Dinkes Minta Tambah Peserta BPJS Kesehatan

0
702
MENINJAU PASIEN: Bupati Anambas Abdul Haris ketika meninjau pasien penderita Malaria yang sedang dirawat di Puskesmas Tarempa. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Dinas kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas berencana mengusulkan jumlah peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Kabupaten Anambas ditambah. Saat ini, telah tercatat dari 12 ribu menjadi 15 ribu peserta. Hal ini bisa terwujud, jika usulan ini disahkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Peribahan (APBD-P) tahun 2017.

Kepala Bidang Pelayanan dan pemberdayaan kesehatan Dinkes Anambas Samad mengatakan, jumlah peserta BPJS kesehatan, khususnya yang ditanggung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Anambas cenderung mengalami peningkatan.
Ia merincikan, jumlah peserta BPJS kesehatan pada tahun 2016 mencapai 11.500 orang dan perlahan mulai mengalami peningkatan menjadi 12 ribu jiwa di tahun ini.

Baca Juga :  Pansus Survei Nelayan Asal Luar Daerah

Prosedur terkait BPJS Kesehatan ini, diakuinya tetap melalui dinas sosial. Dinas kesehatan, diakuinya hanya membayarkan klaim dari peserta yang menggunakan layanan BPJS kesehatan tersebut. ”Prosedurnya seperti itu. Selama ini, memang ada mindset bahwa kewenangan terkait BPJS kesehatan berada di kami. Padahal, tidak utuh seperti itu,” jelas Samad.

Dengan adanya penambahan ini, diharapkan dapat mengcover. Misalnya, dalam sebuah keluarga tidak hanya suami saja yang masuk ke BPJS namun juga anak dan istrinya diupayakan untuk masuk. Jumlah masyarakat yang mendapat layanan BPJS Kesehatan pun, sebelumnya sempat mengalami pengurangan akibat kondisi keuangan daerah yang dikabarkan defisit. Pengurangan ini pun, tidak jarang menimbulkan persoalan di masyarakat. Khususnya masyarakat Anambas yang telah memegang kartu dan memerlukan pelayanan kesehatan. (cr29)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here