Dinkes Raih Swasti Saba Tingkat Nasional

0
476
Foto bersama: Lis Darmansyah, Syahrul dan Kepala OPD di lingkungan Pemko Tanjungpinang foto bersama di sela-sela acara syukuran di kantor Dinas Kesehatan, Rabau (20/12). F-ist/humas pemko tanjungpinang

Tanjungpinang terpilih sebagai Kota Sehat Tingkat Nasional. Pretasi ini yang membawa Dinkes Kota meraih penghargaan Swasti Saba Padapa.

TANJUNGPINANG – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang menggelar syukuran di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Batu (Km) 7, Rabu (20/12). Syukuran ini dihadiri oleh Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah dan wakilnya, H Syahrul.

Lis menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada segenap jajaran Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang dan seluruh Kepala Puskesmas di Tanjungpinang. Menurutnya, apa yang telah diraih ini merupakan komitmen dan kerja keras bersama dinas kesehatan dengan stakeholder terkait. Kata Lis, hasil yang dicapai ini adalah sebuah karya besar dan karya bersama yang berhasil ditoreh melalui kerja sama dinas kesehatan dan puskesmas yang ada di Tanjungpinang.

Kemudian, sambungnya, kesadaran masyarakat yang selalu mengikuti sosialisasi dan petunjuk yang disampaikan dari dinas kesehatan dan jajarannya mendorong kota ini berhasil meraih prestasi di tingkat nasional.

”Usaha dan upaya yang dilakukan dinas kesehatan memang luar biasa. Namun, kita harus tetap berupaya dengan berbagai cara untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Tanjungpinang. Khususnya memberi motivasi bagi masyarakat agar menjaga kesehatan untuk menjadi sehat,” kata Lis.

Wali Kota berpendapat, jika banyak masyarakat suatu daerah tidak sehat, itu karena dipicu tdiak sehatnya lingkungan wilayah itu. Kalau daerahnya tidak sehat, sambung Lis, tentu saja daerah tersebut tidak layak untuk dikunjungi

“Begitu juga sebaliknya. Jika masyarakatnya sehat, maka akan memberikan motivasi bagi orang luar untuk datang ke Kota Tanjungpinang. ”Alhamdulillah, pelayanan kesehatan Kota Tanjungpinang sudah melaksanakan program jemput bola. Jika ada pasien yang sakit dan mereka kesulitan untuk berobat ke rumah sakit atau puskesmas, kita akan datangi pasien ke rumahnya,” kata Lis.

Menurut Lis, hal ini merupakan tanggung jawab kita dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan secara optimal kepada masyarakat. Ia mengingatkan agar jangan ragu, apabila ada keluarga dan tetangga yang sakit, segera laporkan. Nanti akan ada dokter dan pelayanan kesehatan yang datang untuk memeriksa kesehatan pasien. Begitu juga dengan penyandang disabelitas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Rustam, mengatakan penghargaan Swasti Saba yang raih Dinkes melengkapi pencapaian-pencapain yang telah didapat sebelummnya. ”Ini berarti Kota Tanjungpinang telah diakui sebagai kota yang aman, nyaman, sehat, dan bersih, serta sudah ada jaminan dari Kementerian Kesehatan,” sebutnya.

Ia berharap, dua tahun ke depan, Tanjungpinang bisa menambah dan mengembangkan dengan tiga tatanan lainnya. Seperti pariwisata sehat, kehidupan sosial yang sehat dan tertib lalulintas,” jelas Rustam. (ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here