Dinkes Siapkan ADS Hadapi Difteri

0
464
PASIEN ketika antre di loket salah satu poli di RSUD Muhammad Sani. F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan Karimun telah menyiapkan ADS untuk memenuhi kebutuhan pasien difteri jika sewaktu waktu kasusnya ditemukan.

KARIMUN – ”Kami telah mendatangkan 6 vial obat antidifteri serum (ADS) yang didatangkan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepri. Setiap pasien membutuhkan 4 botol ADS untuk masa penyembuhan. Jika ditemukan difteri walaupun hanya 1 kasus, langsung ditetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) dan biaya perobatan menjadi tanggung jawab pemerintah,” kata Rahmadi, Minggu (4/2).

Rahmadi menyebutkan, obat ADS akan ditambah jika ditemukan kasus maka pihaknya telah menginstruksikan petugas medis yang merawat setiap pasien. Jika menemukan gejala seperti difteri, agar tenaga medis segera melakukan pengambilan sampel dari pasien.

Guna mempercepat proses pengiriman, kepada Litbang Kementerian Kesehatan di Jakarta sehingga diketahui negatif atau positif.

”Obat ADS tersedia di Gudang Farmasi, dan Dinas Kesehatan juga memberikan obat itu ke di RSUD Muhammad Sani, perawatan pasien difteri dengan pasien lainnya ditempatkan berbeda,” terangnya.

Sementara tindakan melakukan, pelaksanaan imuniasi ulang atau Outbreak Response Immunization (ORI) belum dilaksanakan. Hal itu dikarenakan, belum ada ditemukan kasus difteri, ORI dilaksanakan atas inisiatif Pemerintah Daerah mengantisipasi wabah difteri semakin meluas.

Gejala difteri dapat terjadi pada hidung, tenggorokan, kulit, tonsil dapat menular melalui bersin, barang pribadi milik pasien atau orang yang pernah tertular, barang rumah tangga atau dapat melalui alat mainan.

Ia kembali mengingatkan masyarakat Karimun menerapkan pola hidup bersih. Menghindari berbagai penyakit menular lainnya, seperti demam berdarah dengue (DBD) sampai awal Februari ditemukan 8 kasus DBD di bumi berazam.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here