Dinkes Siapkan Lima Ambulans bagi Pengunjung yang Mabuk Durian

0
929
SEORANG warga membawa buah durian jenis jantung saat ingin mengikuti festival durian, di Bintan Buyu, Minggu (7/1) lalu.f-yendi/tanjungpinang pos

2019, Pesta Durian di Bintan Buyu Dibikin Lebih Meriah

BINTAN – Festival dan bazar buah durian Bintan baru saja dilaksanakan di Desa Bintan Buyu, Minggu (7/1) lalu. Pesta makan durian ini meninggalkan cerita unik dan berkesan. Mulai dari kekhawatiran ‘mabuk durian’ sampai dengan ukuran buah durian yang paling besar.

Festival buah durian ini tak hanya menikmati makan buah durian, dengan banyak cita rasa. Beberapa pimpinan OPD pun terkesan dan menimbulkan tawa serta canda, saat menyantap buah durian. Betapa tidak, beberapa pejabat yang memegang voucher justru kaget ketika panitia memintanya untuk membayar durian yang telah disantap. Ada pula panitia yang mengarahkan agar sang pejabat mencari tempat lain.

Tak hanya itu, cukup banyak pengunjung yang merasa khawatir saat menyantap buah durian. Mereka cemas memakan buah durian dalam jumlah yang cukup banyak. Mitosnya, makan durian terlalu banyak, akan mengakibatkan pusing dan mabuk. Justru itu, para pengunjung ada yang meminum air mineral dari kulit buah durian yang tersisa.

Baca Juga :  Pemkab dan Kemensos RI Tutup Dua Lokalisasi di Bintan

”Untuk antisipasi mabuk durian, kami sudah siapkan lima mobil ambulans. Pejabat dan pengunjung tak perlu khawatir,” kata Subiyanto, pejabat dari Dinas Kesehatan Bintan.

Di sela acara itu pula, beberapa warga sengaja membawa buah durian dengan kualitas nomor satu. Baik dari jenis isinya sampai dengan ukuran buah durian yang paling besar.

”Ini jenis durian jantung pak. Ukurannya paling besar,” kata seorang peserta lomba festibal buah durian.

Durian tersebut ada pula yang menyebutkan jenis gempa bumi. Jenis durian asal Kabupaten Bintan ini berukuran paling besar. Namun, sudah sulit menemukannya. Tapu yang menjadi idola, yaitu jenis durian tembaga. Cita rasanya lebih lezat, membuat para pengunjung memburu durian tersebut.

Baca Juga :  Bupati Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

”Ini durian, luar biasa ukurannya,” kata AKBP Boy Herlambang, Kapolres Bintan.

Menurut Bupati Bintan H Apri Sujadi, di Bintan banyak durian warisan nenek moyang dengan pelbagai jenis. Hal itu pula yang menjadikan durian Bintan sebagai buruan dari masyarakat luar. Tak terkecuali, durian daun dengan rasa manis pun masih ada.

”Tahun 2019 nanti, kita bikin acara pesta durian Bintan ini lebih meriah,” demikian dijanjikan H Apri Sujadi.

Budi, seorang warga Batam yang datang ke Pesta Durian Bintan langsung memburu durian tersebut pasca pesta tersebut. Ia bersama keluarganya tampak melihat-lihat durian di pedagang yang berada Kampung Poyotomo. ”Mau cari durian tembaga bang,” katanya.

Baca Juga :  Mahasiswa Ajarkan Bikin Garam

Elvi, warga Bintan yang datang ke pesta tersebut mengatakan dirinya juga tertarik membeli durian dengan ukuran jumbo tersebut. Menurutnya ia baru kali pertama melihat ukuran sebesar itu. ”Saya juga belum pernah lihat yang besar itu, ternyata di Bintan ada juga ya. Tadi mau selfi, tetapi segan pula dengan pak pejabat,” ucapnya. (fre/aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here