Dinkes Sosialisasi Pemberian Obat Cacing

0
1364
PETUGAS Kesehatan saat memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana berperilaku hidup sehat.f-iSTIMEWA

Tahun ini, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang akan menerapkan program pemberian obat cacing ke warga. Obatnya dibagikan secara gratis.

TANJUNGPINANG – Menurut Kepala Dinas Keshatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tanjungpinang, Rustam mengatakan cacingan dapat merusak gizi anak yang terinfeksi sehingga menyebabkan anemia bahkan kematian.

Penurunan gizi pada anak bisa menyebabkan pertumbuhan fisik terganggu bahkan stunting, merusak perkembangan kognitif (kemampuan belajar) sehingga kemajuan pendidikan anak.

”Ini program baru kami, masyarakat yang diindikasi menderita cacingan akan diberikan obat pencegahan masal cacingan,” kata Rustam, kemarin.

Baca Juga :  Disdukcapil Percepat Perekaman KTP-el

Kata dia, sasaran pemberian obat cacing ini adalah balita dan pelajar yang masih duduk di bangku SD dan SMP. Daerah yang akan didatangi para petugas kesehatan adalah warga yang tinggi di pesisir.

Seperti yang tinggal di kawasan Penyengat, Kampung Bugis, Dompak dan Senggarang. “Nanti kita turun ke sekolah-sekolah dan posyandu untuk memberikan obat cacing kepada masyarakat yang menderita cacingan,” kata Rustam.

Program pemberian obat cacing kepada balita dan pelajar, merupakan program baru pemerintah untuk Tanjungpinang dan baru dilaksanakan tahun ini. Namun, di daerah lainnya di Pulau Jawa program ini sudah berjalan lama. Nantinya, program membasmi cacingan bagi balita dan pelajar, akan digelar secara massal. Tujuannya, agar semua anak bisa dapat obat ini. D

Baca Juga :  TNI AL Perketat Penjagaan Kawasan FTZ

inkes nanti akan datang petugas kesehatan ke sekolah-sekolah, ke pos yandu untuk mengsosialisasikan dan membagikan obat cacingan secara gratis. ”Kita akan mencetak generasi muda dan meningkat SDM yang terhindar dari cacingan,” bebernya.

Kata dia, selain itu, meningkatkan kemitraan dalam pengendalian kecacingan di masyarakat dengan pemangku kebijakan, lintas sektor, pengusaha dan organisasi masyarakat, supaya program ini berjalan dengan baik.

”Cacingan ini dapat mengakibatkan menurunnya kondisi kesehatan, gizi, kecerdasan dan produktifitas penderitanya sehingga secara ekonomi banyak menyebabkan kerugian. Sebab menyebabkan kehilangan karbohidrat dan protein serta kehilangan darah, sehingga menurunkan kualitas sumber daya manusia,” tegasnya. Ia berharap warga bisa mendukung program ini agar balita dan anak-anak bebas dari cacingan. (ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here