Dinsos Akan Gelar Validasi Bantuan PKH

0
117
Agustiawarman bagikan perlengkapan sekolah ke siswa. f-dok/tanjun gpinang pos

TANJUNGPINANG- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tanjungpinang akan melakukan validasi dan survei terhadap keluarga penerima manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH), sehingga program yang dicanangkan pemerintah pusat tersebut benar-benar tepat sasaran.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, Agustiawarman, validasi dan survei dilakukan agar program PKH tepat sasaran. Jadi mereka yang sudah mendapat bantuan selama ini dan ternyata sudah mampu, maka harus hapus dalam daftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat. Karena, ada perbedaan data penerima KPM yang dimiliki pemerintah pusat dan yang dimiliki Pemko Tanjungpinang.

Sesuai data dari pemerintah pusat, ada 10.196 penerima PKM. Data yang dimiliki Dinas Sosial tinggal 8.450 penerima PKM. Selama ini, selisinya sekitar 1.746 jiwa, mereka menerima bantuan dari dana APBD Kota.

Selain itu, keluarga yang selama ini menerima bantuan PKH dan ternyata sudah pindah atau meninggal dunia, juga harus dicoret dan diganti terhadap warga yang berhak menerima.

”Jadi data KPM dalam program ini harus benar-benar valid dan orang yang memang berhak menerima bantuan tersebut karena sudah ada sistem yang telah dibuat oleh Kemensos,” ujarnya.

Dijelaskannya untuk data awal validasi akan melibatkan pihak keluharan dan dibantu 20 orang dari rekaman Dinas Sosial Kota Tanjungpinang. Sistem penyaluran bantuan PKH kepada para KPM, yakni dari tunai menjadi non tunai, jika sebelumnya sistem pengiriman diberikan langsung, kali ini pengirimannya melalui kartu KKS (Kartu Kesejahteraan Sosial). ”Itu dilakukan agar benar-benar tepat sasaran terhadap penerima manfaat, yang menerima benar-benar sesuai kenyataan di lapangan,” tandasnya.

PKH dijelaskannya, merupakan bantuan langsung dari Kemensos. PKH bertujuan membantu kelompok sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan. Serta memberikan kemampuan kepada keluarga untuk meningkatkan pengeluaran konsumsi. Selain program bantuan PKH, juga ada program lain termasuk kelompok usaha bersama atau Kube bagi keluarga kurang mampu. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here