Dinsos akan Periksakan Kejiwaan Penghuni Rumah yang Terbakar

0
64
Damkar memadamkan api

TANJUNGPINANG – Kadinsos Kota Tanjungpinang, Agustiawarman menuturkan, dua penghuni rumah kebakaran di Gang Kulim, RT I/RW VIII, Kelurahan Kemboja Kecamatan Tanjungpiang Barat untuk sementara ada yang menampung.

Dituturkannya, hal ini berdasarkan komunikasi bersama Ketua RT setempat, Rajaman. “Hasil komunikasi dengan Pak RT, ada yang memberikan tumpangan sementara untuk ke dua korban. Tim Dinsos bersama BPBD Kota Tanjungpinang, kepolisian dan unsur lainnya masih berada di lokasi untuk penelusuran lebih lanjut, ” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos.

Terkait penyerahan bantuan darurat dari Dinsos, diserahkan, Kamis (6/9). Bantuan tersebut berupa perlengakapan dapur, makanan serta pakaian dan selimut.

“Bantuan dari Dinsos untuk korban bencana alam itu ada, tapi bentuknya sederhana. Lebih kepada kebutuhan langsung yang diperlukan. Sedangkan bantuan dari kejadian hingga pasca bencana itu berada di BPBD,” tuturnya.

Agus menuturkan, meski demikian koordinasi biasanya akan terus berjalan. Informasi yang diterimanya di lapangan, ke dua penghuni rumah tersebut memiliki kekurangan yang masih perlu ditindaklanjuti.

“Informasi sementaranya demikian, satunya memiliki cacat dan yang satunya memiliki gangguan jiwa, ini masih dugaan tetapi untuk membuktikannya perlu di cek, ” ucapnya.

Terkait hal ini, Agus mengingatkan kepada masyarakat untuk berperan aktif, bila ada tetangga atau keluarga yang memiliki gangguan jiwa perlu di laporkan, agar dapat ditindaklanjuti.

“Bila mengacu pada kondisi ini, maka dalam rumah itu harusnya minimal ada orang yang sehat. Informasinya rumah itu di huni Ros beserta adiknya saja yang memiliki gangguan, ” tuturnya.

Bila gangguan jiwanya masih terbilang ringan, untuk saat ini sudah dapat ditangani di RS Uban sehingga tak perlu langsung di bawa ke RSJ Pekanbaru.

Agus menuturkan, belum lama ini, mengirimkan dua warga Tanjungpinang yang dinilai memiliki gangguan jiwa ke Istalasi di RS Uban.

“Untuk membuktikan itu perlu dokter kejiwaan, besok akan kami tindaklanjuti, ” paparnya. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here