Dinsos Salurkan Rastra Triwulan ll dan lll

0
217
PETUGAS Dinsos P3A Lingga sedang memuat beras untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. F-ISTIMEWA

LINGGA – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Lingga, salurkan Beras Sejahtera (Rastra) kepada masyarakat untuk triwulan ke ll dan lll.

Proses ini diakuinya agak terlambat, dan baru bisa dilaksanakan usai lelang pekerjaan pengangkutan beras dilaksanakan.

”Baru Rabu (26/9), kita mulai menyalurkan dari gudang Bulog ke masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga. Jadi rencananya, memang akan disalurkan ke kecamatan yang belum menerima di Lingga,” kata Kepala Dinsos-P3A Lingga Normadiah, Selasa (25/9).

Keterlambatan penyaluran beras Bulog, karena baru selesainya proses lelang untuk pengangkutan beras ini dilaksanakan.

”Terlambat memang, karena peroses lelang untuk pengangkutannya baru selesai kita laksanakan. Jadi usai lelang kita langsung kerja. Saya sendiri yang langsung ngecek, prosesnya di gudang Bulog semalam Senin (24/9) sampai ke kapal,” terangnya.

Penyaluran beras Bulog untuk warga pra sejahtera ini, dilaksanakan Dinsos- P3A kepada 10 Kecamatan di Kabupaten Lingga.

Normadiah menjelaskan, untuk proses angkut mengangkut sampai ke tangan masyarakat memang menjadi urusannya sedangkan pihak Bulog hanya menyediakan berasnya saja.

Setelah lama menanti, lanjut Normadiah, masyarakat atau keluarga penerima manfaat (KPM) di 5 kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga yakni Kecamatan Lingga, Lingga Utara, Lingga Timur, Selayar dan Senayang akan segera menerima beras dari Program Rastra dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Sebelumnya, Rastra di empat kecamatan tersebut baru disalurkan dari bulan Januari-Maret. Kemudian, untuk April-September ini belum tersalurkan karena terkendala pada proses transportasi untuk pendistribusian.

”Setelah didistribusikan ke pihak kecamatan, setelah itu pihak kecamatan mendistribusikan ke desa-desa untuk dibagikan ke penerima,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Sosial di Dinsos-P3A Lingga Asbullah mengatakan, adapun jumlah beras yang didistribusikan dari Gudang Bulog Dabo Singkep untuk lima kecamatan tersebut sebanyak 254,64 ton.

”Itu semua untuk didistribusikan kepada masyarakat dari bulan April-September, memang harus disalurkan biar selesai semua,” kata Asbullah.

Sementara, untuk wilayah Pulau Singkep seperti Kecamatan Singkep, Singkep Barat, Singkep Pesisir, Singkep Selatan serta Kepulauan Posek yang memiliki jarak tempuh dekat dengan Gudang Bulog Dabo dan pendistribusian sudah dilakukan hingga bulan Agustus.

”Untuk setiap KPM itu, dalam satu bulan menerima 10 kilogram (Kg). Ini berasnya gratis, penerima tidak dipungut biaya sepeserpun,” ujarnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here