Dinsos Serahkan Bantuan Perlengkapan Sekolah

0
323
Kadinsos Kota Tanjungpinang, Agustiawarman menyerahkan perlengkapan sekolah kepada siswa penerima manfaat. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tanjungpinang menyerahkan 500 paket perlengkapan sekolah bagi siswa tingkat SD kepada Keluarga Penerima Manfaat (KMP).

Ini merupakan Progam Keluarga Harapan (PKH) tambahan yang sumber pembiayaannya dari APBD Kota Tanjungpinang. Jumlah bantuan yang diberikan tahun ini berkurang dari tahun sebelumnya dikarenakan APBD Pemko yang turun dibandingkan tahun lalu.

Hal ini dikatakan Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Drs Raja Ariza saat membuka acara penyerahan bantuan perlengkapan sekolah tersebut. Didampingi Kadinsos Kota Tanjungpinang, Agustiawarman beserta Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Dinsos Kota Tanjungpinang, Firdaus di Aula Dinas Sosial Kota Tanjungpinang di Batu 10, Jumat (11/5) pagi.

Raja Ariza berharap melalui bantuan yang diberikan dapat meringankan beban orangtua terhadap pemenuhan alat kelengkapan sekolah anak-anaknya. ”Mudah-mudahan penerima manfaat tahun berikutnya bisa bertambah dari tahun ini,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, usai acara.

Agustiawarman menuturkan, keluarga yang menerima bantuan sudah melalui tahapan seleksi yang dilakukan pendamping PKH. Mereka yang menerima bantuan masuk kategori Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). Sesuai data yang dimiliki Dinsos Kota Tanjungpinang jumlahnya sekitar 5 ribu lebih.

”Jadi ada indikator bagi penerima bantuan perlengkapan sekolah ini, yaitu keluarga yang masuk RTSM dan yang memiliki anak jenjang SD,” ungkapnya.

Dituturkannya, ada tiga indikator masuk kategori KPH yaitu keluarga RTSM yang memiliki anak sedang sekolah jenjang SD, SMP dan SMA sederajat. Kedua keluarga tersebut memiliki Balita dan keluarga yang sudah lanjut usia di atas 70 tahun.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Tanjungpinang, Firdaus menuturkan, penerima manfaat berasal dari dua kecamatan. Yaitu Tanjungpinang Barat dan Bukit Bestari.

Para penerima tersebar di tujuh ke lurahan. Diantaranya, 49 penerima dari Kelurahan Dompak, 64 dari warga Sungai Jang, 37 KPM dari Kelurahan Tanjungpinang Timur, 108 dari Kelurahan Tanjungunggat. Selain itu, 37 warga dari Tanjung Ayun Sakti, 96 KK dari Kampung Baru dan 109 dari Bukit Cermin.

Proses pembagian akan dilaksankan dua hari, Jumat-Sabtu (11-12/5) di Aula Kantor Dinsos Kota Tanjungpinang. Serta bagi warga Dompak bisa mengambil langsung di kantor kelurahaan.

Bantuan yang diberikan berupa tas sekolah lengkap dengan alat tulis dan buku tulis. Untuk diketahui, tahun lalu jumlah bantuan perlengkapan sekolah 820 paket. Terdiri dari 420 paket bagi siswa SD dan sisanya bagi jenjang SMP.

Salah satu penerima manfaat, warga Tanjungunggat, Yeni mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan perlengkapan sekolah. ”Nanti bisa dipakai anak untuk tahun ajaran baru mendatang,” tuturnya. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here