Diprediksi Peningkatan Penumpang di SBP H-5

0
147
Penumpang di SBP Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Lonjakan penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) diprediksi akan terjadi lima hari sebelum (H-5) Lebaran Idul Fitri.

Hal ini diungkapkan, Petugas Pos Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Syafril kepada Tanjungpinang, Minggu (26/5).
Ia menuturkan, belum terlihat lonjakan penumpang arus mudik.

“Kalau sekarang belum kelihatan, tapi kita petugas sudah siap menghadapi arus mudik dan kembali nantinya,” katanya.

Dituturkannya, persiapan menghadapi mudik Lebaran setiap kapal sudah dilakukan pengecekan kelayakan.

“Pengecekan kelayakan kapal sudah dilakukan satu bulan lalu dengan uji petik kapal yang beroperasi di Tanjungpinang,” sebutnya.

Dituturkannya, mengantisipasi penumpukan penumpang, per 15 menit kapal tujuan Batam sudah berjalan atau berangkat.
“Nanti apabila kapal sudah dalam keadaan penuh kita berangkatkan untuk mengantisipasi penumpukan,” jelasnya.

Syafril mengatakan, dilihat dari tahun sebelumnya, lonjakan arus penumpang biasanya pada rute ke Dabo, Senayang dan Tanjungbatu

“Kalau untuk Dumai kapalnya besar, di tahun lalu kita berangkatkan subuh. Itu salah satu cara m ngantisipasi penumpukan,” tuturnya.

Tidak hanya itu, KSOP juga mengingatkan kepada pihak kapal, atau kapten kapal agar tidak membawa penumpang melebihi kapasitas. Dipastikan tidak membawa barang berlebihan, harus sesuai kapasitas palka yang ada di kapal saja.

“Bawalah barang seperlunya saja, tertib saat menaiki dan turun dari kapal agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here