Dirancang Bernuansa Wisata

0
908
BELUM ADA GAPURA: Jembatan 1 Dompak sudah rampung dibangun tahun 2016 lalu. Ke depan, akan dibangun gapura di pintu masuk jembatan ini. F-martunas/tanjungpinang pos

Kawasan Jembatan 1 Dompak

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun merancang pembangunan ke depan di Pulau Dompak bernuansa wisata.

Dompak – Ia menginginkan, setiap pembangunan yang akan dilakukan di Dompak memiliki nilai wisata. Karena itu, gubernur sudah meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Kepri, Abu Bakar untuk mendesain pintu masuk Dompak seindah mungkin.

Kepala Dinas PU Pemprov Kepri, Abu Bakar mengatakan, sesuai arahan gubernur, maka jalan kiri kanan sepanjang depan Ramayana Mal hingga Jembatan 1 akan ditata.

Tanah kosong di pinggir jalan kiri-kanan akan ditata rapi dan dibangun tempat duduk agar masyarakat bisa bersantai menikmati panorama laut.

Baca Juga :  Alam Kepri Eksotis, Jangan Sia-Siakan

Taman bunga di pulau jalan dipercantik lagi dan dirawat. Itu akan menambah suasana keindahan dan membuat pengunjung nyaman.

Dengan demikian, warga pun bisa nyaman jalan kaki dari depan Ramayana hingga jembatan.

”Di depan pintu masuk jembatan akan kita buat gapura besar. Bukan gerbang yang bisa buka tutup. Cuman gapura aja dan dihiasi ornamen Melayu,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, baru-baru ini di Gedung Daerah.

Kemudian, lantai jembatan akan diaspal. Dipasang marka jalan dan dicat. Sehingga akan ada warna-warni jembatan yang menjadi ciri khasnya nanti.

Baca Juga :  Sambut Kapolri, Nurdin Lapor Kepri Aman

Dilengkapi juga lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) sepanjang jalan depan Ramayana hingga Dompak. Termasuk lampu PJU akan dipasang di pedestrian bawah jembatan.

”Orang mau jalan-jalan atau olahraga harus terang juga jalannya. Makanya, itu semua kita pasang. Tahun ini kita aspal dan pasang lampu,” tambahnya.

Namun untuk pembangunan tempat duduk di sepanjang jalan depan Ramayanan harus dibuat dulu konsepnya, kemudian dibikin DED (Detailed Engineering Design)-nya.

Gubernur meminta, dengan dibangunnya Jembatan I harus memiliki nilai tambah ke dunia wisata di Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri.

Baca Juga :  TMMD Sosialisasi Bahaya Narkoba

Sekilas tentang Jembatan I Dompak, kini jembatan tersebut memegang rekor terpanjang di Kepri sekitar 1,2 Km. Jembatan ini dirancang tahan hingga 100 tahun.

Pembangunan dimulai tahun 2014 dengan pendanaan multiyears. Harusnya jembatan ini rampung 2015. Karena terjadi musibah robohnya sebagian jembatan akhirnya baru bisa rampung tahun 2016 akhir.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here