Direktur BUMD Diminta Selesaikan Piutang

0
109
WALI Kota Batam Rudi meninjau pembangunan di Nagoya, belum lama ini. f-istimewa/humas pemko batam

BATAM – Pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemko Batam yang selama ini mendapat sorotan dan protes DPRD Batam, hingga saat ini belum ditindaklanjuti dengan pergantian direksi.

Walau sebelumnya sudah diwacanakan Pemko Batam untuk melakukan pergantian direksi, namun Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BUMD PT Pembangunan Batam, masih mempertahankan direksinya yang lama.

Wali Kota Batam, HM Rudi, Senin (3/9) mengatakan jika keputusan jabatan Hari Basuki sebagai Direktur, diperpanjang. Namun perpanjangannya hanya sampai Januari 2019.

”Itu karena ada tagihan yang belum diselesaikan. Direktur lama harus selesaikan piutang dulu,” ungkap Rudi.

Menurutnya, keputusan itu diambil agar Hari Basuki menyelesaikan kewajibannya. Dimana, pemilik saham meminta direksi menagih piutang itu, dengan target akhir Desember 2018 ini.

”Jadi piutang diminta ditagih sampai dibayar, maka diperpanjang,” tegas Rudi.

Terkait piutang itu, Rudi membeberkan jika jajaran direksi memiliki piutang yang diakuinya, besarnya tidak diketahuinya. Namun ditegaskan Rudi, jajaran direksi yang baru nanti tidak ingin memiliki warisan beban piutang dari direksi lama.

”Kami minta tagih dulu. Jangan ada beban ke yang baru nanti,” tegasnya.

Dengan demikian, saat pergantian direksi yang baru nanti, permasalahan masa lalu atau kepemimpinan yang lama, tidak membebani. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan bagi komisioner yang baru.

”Kami tak mau kalau ada masalah, kami akan terima kalau persoalan piutang itu selesai,” harapnya.

Diakui, jabatan Basuki akan berakhir September 2018 ini, sehingga akan dilakukan pergantian. Namun karena piutang itu, maka diperpanjang. Sementara untuk calon pejabat baru, pengganti Hari Basuki, Pemko sudah membuka pendaftaran Agustus 2018 lalu.

”Kalau sudah ditagih dan selesai utang piutang, direksi baru akan mengganti yang lama,” beber Rudi.

Terkait pejabat yang baru nanti, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batam, Zarefriadi berharap, peran untuk mengelola sembako. BUMD diharapkan dapat membantu pemerintah, menangani gejolak harga pangan. ”Peran BUMD, kami harapkan sehingga masyarakat terbantu,” imbuhnya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here