Diresmikan, MPP Melayani 430 Perizinan

0
67
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Reformasi Birokrasi (RB), Syafruddin akan meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam, F-NET

Peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam akan dilakukan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Reformasi Birokrasi (RB) Syafruddin. Wali Kota Batam, HM Rudi memastikan kehadiran Menpan, Kamis (20/9), setelah sebelumnya menemui Menpan di Jakarta.

BATAM – HM Rudi, Rabu (19/9) di Batam, mengakui baru pulang dari Jakarta. Keberangkatannya ke Jakarta guna memastikan rencana peresmian yang dilakukan hari ini. Selain Menpan RB, dijadwalkan juga kehadiran Wali Kota dan Bupati se-Indonesia, terutama yang akan melakukan pelayanan lewat MPP.

”Saya ke Jakarta bahas peresmian MPP. Membahas dan mengundang peresmian Kamis. Menpansaja hadir dan wali kota dan bupati yang akan membuat MPP,” ungkap Rudi.

Namun Rudi tidak mengungkapkan bentuk acara yang akan digelar. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Batam, Gustian Riau sudah menggelar gladi bersih, untuk peresmian MPP. ”Latihannya nanti sore,” kata Gusti.

Gusti mengatakan, Peresmian itu sesuai dengan arahan Menpan RB yang akan hadir. ”Peresmian kita gelar 20 September, sesuai arahan Menpan. Pak Menteri berinisiatif agar segera dituntaskan peresmian,” ungkap Gustian.

Kementerian lain diundang, khususnya yang memiliki pelayanan di MPP, seperti Kementerian ATR, Menkumham, Kapolri dan lainnya. Selain itu, diundang juga sekitar 21 kabupaten/kota di Sumatera, yang direncanakan membuat MPP juga.

”Kita undang 21 kabupaten/kota yang mau buat MPP. Surat undangan akan dikirim hari ini. Persiapan sudah siap. Tinggal menyebarkan undangan,” imbuh dia.

Sementara untuk perizinan saat ini diakui di MPP sudah ada 430 perizinan. Sementara instansi yang membuka pelayanan di MPP, sudah bertambah dari 30 menjadi 31 instansi.

”Terbaru ada Telkom yang masuk. Izin yang baru, kami masukkan ada perpajakan daerah. Ini kita masukkan agar lebih cepat mengurus perizinan sekaligus pajak daerah,” beber Gustian.

Saat ini, selain pelayanan yang terintegrasi di MPP, perizinan dengan kemandirian juga dibuka. Di mana, saat ini, Badan Pengusahaan (BP) Batam mengoperasikan online single submission (OSS), yang terintegrasi dengan pemerintah pusat. Dengan sistem itu, maka perizinan di PTSP di MPP Batam, bisa dilakukan secara mandiri tanpa perlu berhubungan dengan petugas. Petugas perijinan di MPP sifatnya hanya membantu, jika investor butuh.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here