Dirjen Imigrasi Resmikan APM Pertama di Indonesia

0
702
TINJAU: Dirjen Imigrasi Irjen Pol Ronny Sompie saat meninjau penggunaan anjungan paspor mandiri (APM) di Kantor Imigrasi Kelas II B, Tanjungbalai Karimun. F-ALRION/tanjungpinang pos

KARIMUN – Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Irjen Pol Ronny Sompie meresmikan pemakaian Anjungan Paspor Mandiri (APM) pertama di Indonesia di Kabupaten Karimun. Peresmian itu berlangsung di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, Selasa (11/7).  Dalam kesempatan itu Ronny Sompie mengatakan, APM berfungsi sebagai tempat pemohon pembuatan paspor tanpa harus antri di ruang tunggu pelayanan.

”Dengan adanya APM, pemohon dapat membawa persyaratan pembuatan paspor ke APM. Untuk sementara ada 4 unit di Karimun, 1 unit di Moro dan 1 unit di Tanjungbatu,” ujar Ronny Sompie, kemarin. Inovasi itu, merupakan bentuk peningkatkan pelayanan pembuatan pasport kepada masyarakat.

Ia berharap, APM dapat memberikan pelayanan yang positif dan harus berpihak kepada masyarakat. Serta dapat memberi solusi dalam antrian dan kepastian, dalam pelayanan pembuatan paspor pada masyarakat. Kepala kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun Mas Arie, mengungkapkan aplikasi APM memiliki keunggulan yakni kemydahan.

”Pemohon tidak harus melakukan antrean, dapat mengatur jadwal sendiri untuk pengambilan foto,” sebut Mas Arie. Menurutnya, APM dapat memangkas pertemuan petugas dengan masyarakat yang dapat mencegah terjadinya percaloan dalam internal Imigrasi. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here