Dirjend BC Bersedia Hibahkan Kapal Tangkapan

0
380
DISKUSI: Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun diskusi sambil meminta kapal tangkapan ke BC dihibahkan ke Pemprov Kepri. f-istimewa/humas pemprov kepri

TANJUNGPINANG – Dari pada diledakkan tak ada manfaatnya, kapal tangkapan Bea Cukai sebaiknya dihibahkan.

Atas dasar pemanfaatan inilah Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun meminta tangkapan kapal Bea Cukai jangan diledakkan lagi dan sebaiknya dihibahkan ke Pemprov Kepri.

Permintaan ini disampaikan Gubernur Nurdin kepada Heru Prambudi, Dirjend Bea Cukai saat berkunjung ke Pulau Nipah Batam bersama Kemenko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan, Kamis (2/2).

Nurdin mengatasnamakan masyarakat Kepri mengatakan, kapal bekas yang ditangkap itu akan lebih banyak manfaatnya buat masyarakat nelayan.

Apalagi, Kepri merupakan daerah maritim dengan luas lautan 96 persen dan nelayan butuh banyak kapal untuk menangkap ikan.

”Saya tadi bicara dengan Pak Dirjen Bea dan Cukai minta kapal tangkapannya dihibahkan saja ke Pemerintah Provinsi Kepri. Kapal-kapal itu nantinya akan kita diserahkan kepada masyarakat agar dapat dipergunakan lebih bermanfaat,” ujar Nurdin di sela-sela mendampingi kunjungan kerja Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan ke Pulau Nipah, Kamis (2/2).

Menurut Nurdin, dari hasil ‘lobi-lobi’ nya, Dirjen Bea dan Cukai akan melaporkan permintaannya tersebut kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

”Sangat disayangkan kalau kapal tangkapan Bea Cukai dimusnahkan. Lebih baik hibah ke masyarakat karena lebih banyak manfaatnya,” tambah Nurdin.

Menurut Nurdin, sebelumnya, dia juga pernah melakukan lobi sembako tangkapan Bea dan Cukai agar diberi gratis untuk masyarakat Kepri.

”Alhamdulillah kan disetujui dan dibagikan secara gratis kepada masyarakat beberapa waktu lalu,” tegas Nurdin.

Menurut Nurdin, tentang berapa jumlah kapal yang diminta, semua itu tergantung pihak Bea Cukai atas persetujuan Menteri Keuangan.

”Kalau untuk masyarakat tentu saya minta sebanyak mungkin dan saya juga akan menjumpai Menteri Keuangan membicarakan hal ini,” papar mantan kapten kapal itu.

Dirjen Bea dan Cukai, Heru Pambudi ketika diminta tanggapannya mengatakan, permohonan Gubernur Kepri dinilainya sangat baik dan bagus.

”Saya sangat setuju, apalagi untuk masyarakat, namun saya harus lapor dulu ke Menteri Keuangan,” ujarnya.

Apalagi, kata Heru, Menteri Keuangan juga berrencana untuk melakukan kunjungan kerja ke Kepri.

”Semoga saja saat datang nanti langsung ada kapal yang diserahkan untuk Pemerintah Provinsi Kepri dan selanjutnya diteruskan kepada masyarakat,” tambah Dirjen Bea dan Cukai.

Selama ini, BC sudah menghibahkan tangkapannya berupa bawang merah, gula, beras, ponton apung, kaleng biskuit, pereda panas dalam, kerupuk, bubur gandum instan, dan makanan lainnya. (mas/adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here