Disbudpar dan BKMT Gelar Festival Marawis

0
93
KADISBUDPAR Kepri Yatim Mustafa dan Anggota DPRD Kepri Hj Dewi Kumalasari memukul kompang, saat membuka festival marawis, di Tanjunguban, kemarin. f-jendaras/tanjungpinang pos

TANJUNGUBAN – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kepri menggelar festival Marawis dan Qasidah se Kabupaten Bintan. Festival rangkaian pekan Muharam ini dihadiri Anggota DPRD Kepri Hj Dewi Kumalasari.

Festival di Gedung Nasional Tanjunguban tersebut, merupakan kerja sama Disbudpar Kepri dengan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Bintan. Lomba ini diikuti 14 grup marawis dan qasidah.

Yatim Mustafa, Kepala Disbudpar Kepri dalam sambutannya mengajak seluruh umat muslim, untuk mendukung seni dan budaya bernuansa Islam, yang ada di Bintan maupun Kepri. Ia mengapresiasi antusias masyarakat Bintan yang cukup tinggi dalam festival tersebut.

”Kami sangat bangga dengan kebudayaan islami ini. Tidak hanya seni dan budaya saja, namun nilai-nilai Islam tetap dijaga,” ucapnya.

Dewi Kumalasari, Anggota DPRD Kepri yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut dan berharap dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.

”Melalui festival marawis dan qasidah ini sangat penting. Selain meningkatkan silaturahmi, ini juga turut mensyiarkan ajaran Islam,” sebutnya.

Ia menambahkan, selain festival marawis dan qasidah, dalam pekan Muharam, BKMT juga akan melakukan sunatan masal dan istigasah, di Gunung Kijang. Ke depannya, dilakukan kegiatan pemberdayaan remaja masjid, serta bazar kuliner UMKM dan Kube.

”Kami akan lakukan workshop untuk para remaja dalam meningkatkan pendidikan agama Islam,” ujar Dewi Kumalasari Ansar. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here