Disdik Ajak Orangtua dan Guru Bersinergi

0
327
Kepala Dinas Pendidikan Kabupten Lingga, H Kasiman.

LINGGA – Kepala Dinas Pendidikan Kabupten Lingga H Kasiman, meminta peran orangtua siswa dalam dalam memberikan motivasi pentingnya pendidikan bagi masa depan.

Hal ini dilakukan untuk mendukung tugas guru di sekolah dalam memberikan ilmu kepada siswa dapat berjalan dengan maksimal.

Setelah kedua hal tersebut bersinergi, maka terakhir adalah peran pemerintah yang berupaya memberikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses kegiatan belajar mengajar.

”Ketiga unsur ini harus bersinergi, agar menghasilkan generasi muda Lingga yang cerdas dan berakhlak mulia. Orangtua atau wali siswa juga diharapkan mendukung program pendidikan, yang dilakukan sekolah,” kata Kasiman, saat melakukan kunjungan ke SDN 013 Desa Melukap, Kecamatan Lingga, Kemarin.

Kasiman menjelaskan, sinergitas tiga pilar tersebut harus terus dipupuk. Sehingga, tidak ada lagi perseteruan antar guru dan orangtua siswa seperti yang terjadi di beberapa daerah.

”Di sini (Kabupaten Lingga) pernab terjadi orangtua siswa yang melaporkan guru karena persoalan yang kecil. Hal ini tidak akan membuat selesai persoalan, malah memperpanjang dan mengganggu dunia pendidikan,” kata Kasiman.

Untuk guru juga Kasiman, memperingatkan untuk memberikan pendidikan kepada siswa sesuai kaidah dan norma yang berlaku.

Jangan ada lagi perkataan atau perlakuan kasar, dalam memberikan pelajatan kepada siswa.

”Ingat, tanamkan pada anak bahwa, di rumah orang tua adalah guru dan di sekolah guru adalah orangtua. Jika sifat ini dapat kita tanamkan ke anak, Insyaallah,” pesannya.

Agar para siswa dapat terkontrol oleh orang tua dan guru, Kasiman mengajak para wali murid dan wali kelas membuat penguyuban melalui BBM atau WA. Tujuannya, agas supaya gerak gerik anak dapat terpantau.

”Saya sudah sampaikan hal ini sekolah tingkat SMA, SMP dan SD, bahkan sudah banyak mengikuti jejak ini, guna membentengi perilaku tidak baik anak atau membohongi orangtua dengan alasan belajar kelompok,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here