Disdik Bintan Launching Pusat Informasi dan Siap Online

0
873
STAF Disdik dan sejumlah guru sekolah diberikan pelatihan tentang IT pusat informasi pendidikan Siap Online Disdik Bintan, kemarin.f-yendi/tanjungpinang pos

BINTANBUYU – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bintan telah meluncurkan (launching) layanan Pusat Informasi Pendidikan dan aplikasi Siap Online, pada saat peringatan Hardiknas 2018, Rabu (2/5) lalu. Aplikasi layanan ini memberikan semua informasi tentang pendidikan Bintan, kepada warga Bintan dan semua pihak terkait.

Kepala Disdik Bintan Tamsir SSi MSi menjelaskan, Pusat Informasi Pendidikan adalah layanan informasi pendidikan berbasis teknologi informasi dan audio visual. Fungsinya, untuk menyampaikan informasi dan perkembangan pendidikan di Kabupaten Bintan. Tujuannya membantu dan memudahkan masyarakat, guru dan siswa dalam mengakses tentang profil pendidikan sekolah, materi pelajaran, contoh soal ujian dan data pendidikan.

Baca Juga :  SPAM Tembeling Tak Kunjung Beroperasi

”Ini juga menjadi layanan dan memberikan advokasi dan pelatihan TIK atau teknologi informasi komunikasi kepada guru dan siswa, dalam memanfaatkan teknologi informasi pendidikan,” jelas Tamsir, Kamis (3/5) kemarin.

Kemudian, lanjut Tamsir, Pusat Informasi Pendidikan Disdik Kabupaten Bintan, akan bekerja sama dengan PT Telkom untuk meluncurkan aplikasi Siap Online. Aplikasi ini adalah, aplikasi teknologi informasi yang bisa diakses melalui website atau hape android, untuk memberikan informasi lebih cepat, mudah, akurat, terintegrasi dan berkesinambungan. Informasi pendidikan melalui aplikasi Siap Online ini, terintegrasi mulai dari sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, provinsi dan pemerintah pusat.

Baca Juga :  Apri ’Copot’ Jabatan Bupati

”Orang tua bisa mengecek perkembangan anaknya melalui aplikasi ini. Apakah anak itu masuk sekolah atau tidak, juga bisa dicek lewat aplikasi ini. Kemudian, bisa juga mengecek jadwal pelajaran, rapor online PPDB online dan informasi lainnya,” terang Tamsir.

Untuk tahap awal, Tamsir menambahkan, aplikasi Siap Online Disdik Bintan ini diterapkan di 20 sekolah, SD dan SMP. ”Untuk down load maupun aplikasinya, akan kita jadwalkan sosialisasinya secara bertahap. Baik kepada sekolah maupun orang tua,” demikian ditambahkan Tamsir. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here