Disdik Dorong Bentuk Paguyuban Sekolah

0
620
FOTO BERSAMA : Siswa kelas jauh SD Negeri 011 Teluk Siambang, Moro foto bersama dan SD Negeri 011 salah satu sekolah yang dibangun dengan DAK tahun 2017. F-ISTIMEWA

KARIMUN – Kepala Dinas Pendidikan Karimun Bakri Hasyim mendorong sekolah membentuk Paguyuban Sekolah serta Paguyuban Kelas. Tujuannya, untuk meningkatkan peran serta orangtua dalam pendidikan anaknya sekolah.

Ia mengungkapkan, paguyuban adalah perkumpulan orangtua atau wali murid untuk bekerja sama meningkatkan mutu pendidikan anak. Pembentukan paguyuban mendapatkan dukungan, serta respon yang baik dari pihak sekolah serta komite sekolah untuk substansi pelaksanaan pembelajaran di kelas.

”Manfaat bagi wali murid adalah saling mengenal, bersilaturahmi, memberikan masukan. Yang dinamakan pendidikan keluarga, di dalam paguyuban dibentuk juga kelas insipirasi,” sebut Bakri Hasyim, kemarin.

Dengan demikian, jika ada orangtua siswa yang memiliki usaha atau bisnis yang sukses. Sehingga, mampu mendorong orangtua lainnya mengikuti jejaknya. ”Kelas orang tua merupakan perkumpulan orang tua wali murid dalam kelas tersebut. Nantinya, bisa saling berbagi pengalaman dan usaha mendidik anak di rumah,” terangnya.

Di kelas, orangtua inilah para wali murid membicarakan isu-isu yang mungkin santer terdengar dimasyarakat. Hal itu bertujuan, untuk mencegah terjadinya isu negatif dan membangun karakter orangtua untuk peduli pendidikan. (yon)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here