Disdik Rotasi Guru ke Pulau

0
566
MEMBACA: Pelajar SMA saat membaca di perpustakaan milik sekolah. F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – HINGGA kini kabupaten Lingga masih kekurangan guru untuk tingkat SLTP. Tercatat, kekurangan 200 tenaga pendidik. Kekurangan itu berdampak pada kualitas pendidikan di tingkat SMP.

”Untuk tenaga pengajar tingkap SMP, kita masih sangat kurang. Kita berharap ada penambahan guru sebanyak 200 orang nantinya,” terang Kasiman, Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Lingga, kemarin.

Kasiman mengungkapkan, pihaknya telah menyiasati untuk menutupi kekurangan guru tersebut. Upaya yang dilakukan, yakni dengan menggunakan dana APBD untuk merekrut tenaga pengajar lokal yang kemudian diangkat menjadi PTT.

Hanya saja, upaya itu gagal dilakukan mengingat kondisi APBD tidak mencukupi. Untuk itu, lanjut Kasiman, ia merasa merasa pesimis dalam hal peningkatan mutu pendidikan untuk tingkat SMP di Kabupaten Bunda Tanah Melayu.

Sebab, sebelumnya untuk tingkat SMP Lingga pernah mendapat peringkat lebih tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya dari daerah lain. Lainnya, untuk tingkat SD tidak mengalami kekurangan guru. Ia memastikan, bahwa ketersediaan tenaga pengajar untuk SD sangat cukup. Namun, ia mengakui untuk pemetaan belum terlaksana sesuai kebutuhan di kawasan pulau.

”Untuk kawasan pulau di Kabupaten Lingga, masih sangat kekurangan guru. Sedangkan, untuk guru yang berada di kota jumlahnya banyak,” ungkap Kasiman.

Kasiman menguraikan, tenaga pengajar yang berlebihan berada di Singkep sekitar 40 orang lebih. Sebaliknya, di kawasan pulau yakni Senayang masih membutuhkan sekitar 60 orang tenaga pengajar.

Tidak hanya Senayang, namun kawasan pulau lainnya juga membutuhkan jumlah tenaga pengajar yang memadai seperti di wilayah Tajur Biru serta Batu Berlubang. Untuk itu, Dinas Pendidikan akan melakukan evaluasi untuk memetakan atau menempatkan guru dalam waktu dekat bulan ini.

Langkah tersebut, untuk pemerataan kekurangan tenaga pengajar di wilayah pulau.
Tidak hanya guru biasa, namun seperti kepala juga akan dimutasi.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here