Disduk Bakar 572 KTP-el Rusak

0
173
KADISDUKCAPIL Lingga Samsudi (tengah) saat memusnahkan KTP-el yang rusak bersama pihak kepolisian. f-istimewa

LINGGA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kabupaten Lingga, memusnahkan 571 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang tidak layak digunakan.

Pemusnahan dengan cara membakar ini, sesuai instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mencegah penyalahgunaan KTP-el tersebut.

”KTP yang dibakar ini sudah rusak, dan tidak layak digunakan lagi. Kalau sebelumnya, pemusnahannya dengan cara dipotong, namun sesuai instruksi Mendagri kaki pemusnahan dengan cara dibakar dan disaksikan instansi lainnya,” kata Kabid Pendataan Kependudukan Disdukcapil Lingga, Muhammad, kemarin.

Muhammad menambahkan, pembakaran 571 KTP-el ini sebagai simbolis dan komitmen Disdukcapil Lingga memenuhi instruksi Kemendgari.

Ke depannya, pemusnahan KTP-e yang rusak akan dilakukan setiap hari sesuai dengan yang diperoleh Disdukcapil.

”Pemusnahan dengan cara dibakar ini, juga untuk menghindari penyalahgunaan kartu identitas seperti yang terjadi di dalam daerah lain di Indonesia,” ucapnya.

Hingga saat ini, Disdukcapil Lingga belum memperoleh informasi ada penyalahgunaan kartu tanda identitas di masyarakat.

Ia berharap masyarakat yang memiliki KTP-el yang rusak segera melaporkan ke Disdukcapil agar mendapatkan pengganti.

”Kita belum mengetahui secara pasti jumlah KTP-el yang rusak. Tapi setiap hari petugas operator meng-input data ada pergantian KTP-el yang rusak,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here