Disduk Buka Layanan Pengurusan KIA

0
631
WARGA saat mengurus administrasi kependudukan di Kantor Disdukcapil, Karimun.F-ALRION/tanjungpinang pos

KARIMUN – Bulan Maret mendatang Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karimun akan membuka pelayanan pengurusan Kartu Indentitas Anak (KIA).

Tahap awal, Disdukcapil Karimun melaksanakan sosialisasi tingkat kecamatan, kelurahan dan desa. Untuk itu, Disdukcapil menggelar sosialisasi dan dihadiri unsur Ketua RT/RW, tokoh masyarakat. Sehingga, informasi sampai ke masyarakat dan mengetahui pentingnya KIA bagi anak.

”Kami menargetkan 60 ribu akan terbit tahun 2018. Pemberlakuan KIA merupakan instruksi Menteri Dalam Negri (Mendagri). Sehingga, anak yang baru lahir dengan mudah dikenal identitasnya dan terdaftar,” kata M Tahar, Kadisdukcapil, Selasa (23/1).

Baca Juga :  Pemkab Salurkan Bantuan untuk Palu

Menurutnya, KIA menjadi dokumen atau identitas ketika anak bepergian dengan sarana angkutan udara, laut dan darat. Tahar menambahkan, KIA yang akan dikeluarkan nantinya berlaku 5 tahun dan KIA diprioritaskan bagi anak usia 5-15 tahun.

”Bagi masyarakat yang hendak mengurus KIA, bisa langsung datang ke Disdukcapil atau melalui Kecamatan, sekolah, dan anak merupakan penduduk Karimun dan terdata dalam kartu keluarga serta memiliki akta kelahiran,” terangnya.

Bagi yang belum memiliki akta kelahiran, bisa langsung urus pembuatan akta dan untuk pembuatan KIA tersebut juga gratis. Namun, untuk anak usia 0-5 tahun dapat diberikan untuk keperluan bepergian atau keperluan lainnya. (yon)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here