Disdukcapil Ajukan Dua Perekam KTP

0
873
KOMUNIKASI: H Lis Darmansyah berbincang dengan pegawai bagi pelayanan Disdukcapil. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Untuk mempercepat perekaman KTP-elektronik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Tanjungpinang, mengajukan dua alat perekam KTP Elektronik tambahan. Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang, Irianto, pengajuan dua alat perekam KTP-El, baru diusulkan di APBD Perubahan 2017. Satu alat perekam KTP-el butuh biaya Rp 100 juta. Jadi, kalau dua alat perekam KTP-el sebesar Rp 200 juta.

”Selama ini pelayanan terganggu, karena alat perekam KTP minim. Kita butuh dua alat perekam lagi,” kata Irianto kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (5/7). Dua alat perekam KTP-el, kata dia, akan membantu untuk menyelesaikan permasalahan perekaman KTP-el di Tanjungpinang.

Karena masih ada kurang lebih 9.500 orang yang belum melakukan perekaman KTP-el. Ada 5.600 orang yang sudah memiliki KTP Siak tetapi belum melakukan perekaman KTP-el. Sedangkan, sekitaran 4.000 orang lagi, adalah anak yang baru masuk usia dari 16 tahun menjadi 17 tahun karena usia 17 tahun, anak tersebut sudah memiliki identitas seperti KTP-el.

Baca Juga :  Lahan Kampus Stisipol Sudah Bersertifikat

”Mudah-mudahan bisa teratasi,” ucap dia. Sementara ini, Disdukcapil Kota Tanjungpinang hanya memiliki satu alat perekam KTP-el. Karena tiga alat perekam KTP-el sedang dalam proses perbaikan di pemerintah pusat. ”Kita hanya punya satu alat perekam KTP-el. Manalah mampu untuk merekam masyarakat segitu banyak,” sebutnya.

Lis Resmikan Ruang Pelayanan
Pemerintah Kota Tanjungpinang semakin berbenah, terutama untuk memberikan pelayanan kepada Masyarakat. Rabu (5/7), Wali Kota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah meresmikan ruangan pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang.  Ruangan baru ini telah selesai dilakukan renovasi agar masyarakat yang melakukan pengurusan administrasi dan surat menyurat dapat merasa nyaman.

”Selain SDM atau staf yang melakukan pelayanan harus baik, ruangan yang kita siapkan juga harus baik dan nyaman. Dan Alhamdulillah kita siapkan ruangan yang jauh lebih nyaman dari sebelumnya. Dan saya pastikan Kantor Disduk Capil ini akan permanen berada di Gedung ini, tidak akan pindah-pindah lagi,” kata Lis Darmansyah. Wako juga berpesan kepada petugas Disdukcapil agar selalu memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat. Tidak ada lagi masyarakat yang dipersulit untuk melakukan pengurusan surat menyurat.

Baca Juga :  238 Peserta Ikut Lomba Pesparani

”Kita bantu semua kebutuhan masyarakat hingga selesai dan bikin masyarakat kita nyaman dan puas dengan pelayanan yang kita berikan,” tambah Lis. Irianto menambahkan, untuk pengurusan surat menyurat terutama KTP ada sedikit kendala. Diantaranya kurangnya SDM dibagian pelayanan, rusaknya alat perekam KTP di Kecamatanan, sehingga semua menumpuk di Disduk Capil. Ia berharap ada penambahan SDM di bagian pelayanan. Irianto berharap adanya bantuan anggaran yang dialokasikan dari APBD 2018 ke Disdukcapil terutama untuk penganggaran pembelian alat perekam KTP.

Baca Juga :  Darurat Air, SWRO Harus Dioperasikan

Agar proses pelayanan kepada masyarakat lebih baik. Dalam kesempatan ini juga pada Hari Pencanangan Kartu Identitas Anak,Walikota Tanjungpinang menyerahkan Kartu Identitas Anak secara simbolis, makan mulai saat ini stiap anak akan mendapatkan kartu identitas. Usai sambutan, Lis yang didampingi Asisten 3, Kepala Bappelitbang serta para camat langsung melakukan pengguntingan pita sebagai tanda dibukanya ruang pelayanan di Disdukcapil.

Dan dilanjutkan peninjauan ruangan. Lis juga menyempatkan berbincang bincang dengan petugas Pelayanan dan memberikan masukan agar setiap memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk selalu tersenyum dan jelas dalam memberikan informasi. Lis juga minta bagian pelayanan tidak mempersulit dokumen masyarakat untuk mengurus segala administrasi yang ada di Disdukcapil ini. Berikan pelayanan yang prima untuk warga. (dri/bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here