Disdukcapil Batasi Pelayanan, Warga Protes

0
445
Warga mengambil nomor antre pelayanan di kantor Disdukcapil Tanjungpinang, kemarin. f-andri ds/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Warga mengeluhkan adanya pembatasan antrean pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanjungpinang. Per hari hanya melayani hanya 70 sampai 75 orang saja yang akan mengurus adminstrasi kependudukan. Hal ini langsung diprotes warga. Berbeda jauh sebelum pilkada, per hari Disdukcapil bisa melayani hinggga 200 orang lebih per harinya.

Bahkan pelayanan baru dibukan, nomor antre tak sampai setengah jam langsung ludes atau habis. ”Baru bukan pelayanan, nomor antre sudah habis, heran saya,” kata Budiman, salah satu masyarakat yang ingin mengambil nomor antrean di mesin disediakan oleh pihak Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Selasa (3/7).

Tidak dapat nomor antrean tersebut, pria (28) mengaku tinggal di Kecamatan Tanjungpinang Timur, langsung meninggalkan ruang pelayanan Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang karena merasa kecewa. ”Kalau gitu saya pulang dulu. Saya kecewa kenapa nomor antre dibatasi,” ucap.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto membenarkan kalau pihaknya memang memberikan batasan nomor antre pelayanan. Alasannya, agar pelayanan yang diberikan pegawainya terhadap masyarakat bisa langsung terakomodir dengan baik. ”Per hari hanya 70 sampai 75 nomor antreaan yang kita keluarkan., Tidak ada nomor antrean tidak bisa dilayani petugas kami,” kata Irianto.

Sambung dia, pembatasan nomor antre tersebut, bisa dipergunakan untuk melakukan perekaman, pembuatan surat keterangan disebut suket, akta lahir, Kartu Keluarga (KK) dan masih banyak lagi surat yang bisa dikeluarkan oleh Disdukcapil Kota Tanjungpinang. Surat pindah salah satunya.

Nomor antre dikiurangi, sambung dia, agar mengurangi lama waktu menunggu masyarakat di ruang pelayanan Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang. Pasalnya, pihaknya sudah pernah dikomplen oleh masyarakat sebelum adanya pengumuman lama waktu bersadarkan nomor antre pelayanan tertempel di dinding Disdukcapil Kota Tanjungpinang.

”Saya tunggu dari pagi sampai sore ini, kok belum dilayani,” kata dia mengingat ucapan disampaikan masyarakat yang mengurus surat saat itu.

Pantauan awak media ini berdasarkan pengumuman yang tertempel di dinding pelayanan kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Senin sampai dengan Kamis, bagi pemegang nomor antri 1-50 akan dilayani pada pukul 8.15 sampai dengan pukul 10.00.

Mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 11.30, pihaknya melayani masyarakat memiliki nomor antri dari 51-80. Kemudian, pada pukul 13.00 sampai dengan pukul 14.40 melayani masyarakat yang memiliki nomor antri dari 81-200. Hari Jumat, dari pukul 8.15 sampai pukul 10.00 akan melayani masyarakat yang memegang nomor antri 1-60. Dari pukul 10.00 sampai dengan pukul 11.30 akan dilayani pemegang nomor antri 61-90. Selanjutnya, pihaknya akan kembali melayani pukul 13.30 sampai pukul 14.00 untuk masyarakat pemilik nomor antri 92-100. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here