Disdukcapil Pangkas Jalur Birokrasi Adminduk

0
495
TIM pelayanan Adminduk Disdukcapil Bintan kepada warga Desa Kuala Sempang, di aula kantor desa, Jumat kemarin.f-jendaras/tanjungpinang pos

SERIKUALALOBAM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan menjemput bola pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Jumat (26/7). Upaya ini dilakukan, untuk memangkas jalur birokrasi Adminduk.

Melalui program Serving the Villagers atau pelayanan Adminduk ini, Disdukcapil Bintan langsung turun ke desa-desa atau kampung-kampung. Tujuannya, memberikan kemudahan bagi warga. Salah satunya seperti pelayanan KTP-el dan akta kelahiran.

Ismail, Kepala Dinas Dukcapil Bintan mengatakan, dengan adanya pelayanan ini maka seluruh desa yang sulit, akan terjangkau oleh petugas pemerintah. Sehingga tidak ada lagi kendala atau kesulitan saat mengurus dokumen Adminduk.

Baca Juga :  Kampanyekan Tertib Lalu Lintas Lewat Bus Angkutan

”Tujuannya ke desa-desa yang sulit dijangkau. Sampai saat ini sudah ada 5 desa yang dilakukan program ini. Yaitu Desa Berakit, Pengudang, Pangkil, Pengujan. Dan hari ini (kemarin, red) di Kuala Sempang,” jelas Ismail.

Ia menagatakan, ada kemudahan khusus yang diberikan dalam program tersebut. Yaitu jalur birokrasi dipangkas, dan lebih cepat. Namun tetap mengikuti regulasi yang berlaku.

”Jadi, tidak ada lagi, ketika datang kurang syarat ini itu, harus ke sana ke sini. Semuanya akan kami tangani, jika ada persetujuan camat atau lurah. Kami yang kejar, kami yang beresin,” sebutnya.

Baca Juga :  PMD Fasilitasi BUMDes Sektor Peternakan

Ia mengatakan, pelayanan Adminduk ini akan langsung memberikan dokumen kependudukan, kepada warga yang dapat langsung dicetak.

Mohammad Hatta, Kepala Desa Kuala Sempang mengatakan, program ini sangat membantu masyarakat yang kesulitan dalam mengurus Adminduk. Karena kendala jarak dan waktu.

”Warga kami banyak yang bekerja sebagai petani dan nelayan. Dengan program ini mereka cukup datang ke kantor desa dan dokumen adminduk selesai,” sebutnya.

Dijelaskannya, kendala seperti pergantian dokumen pindah datang dan pelaporan perkawinan dari luar daerah juga lebih mudah. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here