Dishub Bentuk Tim Arus Mudik Lebaran

0
757
ANGKAT BARANG: Penumpang Kapal Arena 3 yang akan berangkat ke Lingga mengangkat barangnya ke atas kapal di Pelabuhan Sribintan Pura. F-ADLY HANANI/tanjungpinang pos

LINGGA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga pekan ini akan melaksanakan rapat bersama dengan pihak operator kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang jelang arus mudik tahun ini.

Tidak hanya memanggil operator pelayaran, Dishub Lingga juga akan membentuk tim persiapan antisiapasi arus mudik dan balik di Lingga. Kepala Bidang (Kabid) Kabid Laut dan Udara di Dishub Lingga Selamat menjelaskan, rapat itu juga akan membahas secara detil tentang keselamatan pelayaran.

”Dalam satu atau dua hari ini, kami akan kumpulkan pihak operator kapal membahas kesiapan jelang mudik nanti. Tim persiapan arus mudik juga akan dibentuk,” ujar Selamat, kemarin. Menurutnya, berdasarkan pengalaman setiap tahunnya. Dishub Lingga memprediksi lonjakan arus akan terjadi pada H-10. Namun, Dishub tidak bisa memprediksi apakah akan kenaikan presentase arus mudik pada perayaan hari raya Idul Fitri 1438 H dari tahun sebelumnya.

”Kami menggandeng seluruh operator yang aktif melayani rute pelayaran domestik ke Lingga. Nanti kita minta setiap operator menyiapkan armada tambahan,” ujarnya. Khusus untuk rute mudik melalui Batam, pihaknya sudah cukup terbantu dengan keberadaan kapal Roll on Roll off (Roro) Jagoh-Batam dan kapal cepat yang berada di pelabuhan Sei Tenam.

”Seperti tahun lalu, Roro mampu mengurai kepadatan arus penumpang ke Lingga. Tahun ini juga masih jadi andalan,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here