Dishub Gratiskan Ongkos Bus untuk Pelajar

0
397
BUS SEKOLAH: Seorang siswi SMP saat turun dari bus sekolah dan sejak 1 September Dishub Karimun membebaskan ongkos bagi pelajar. f-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karimun membebaskan ongkos pelajar yang menggunakan bus sekolah. Hal itu diberlakukan sejak 1 September kemarin hingga seterusnya. ”Selama ini setiap siswa membayar Rp 500 kepada sopir sekali jalan, kalau pulang pergi menjadi Rp 1000. Uang tersebut digunakan untuk perawatan dan operasional bus, dan telah berlangsung cukup lama, mulai 1 September tidak dibenarkan lagi sopir bus menerima pembayaran dari pelajar,” kata Fajar Harison, Kadishub Karimun, Senin (4/9).

Biaya operasional dan BBM bus, serta perawatan nya dibebankan kepada APBD Karimun. Kebijakan ini, merupakan langkah yang diterapkan atas persetujuan Bupati Karimun Aunur Rafiq. ”Bus tersebut dapat dinaiki pelajar SMKN 1, SMKN 2, SMAN 4, SMPN 2 Tebing dan MAN. Sopir bus menunggu jam pulang sekolah masing masing,” jelas Harison.

Masih kata Fajar, jika memungkinkan pada APBD Karimun tahun 2018 akan diusulkan penambahan angkutan pelajar. Untuk melayani sekolah di SMA Negeri 3 Karimun dan sekolah lainnya, termasuk untuk Pulau Kundur, Buru dan Moro.

Warga Kundur, Raja Zuriantiaz meminta pemerintah menjamin ketersediaan kendaraan untuk mengangkut siswa. Sehingga penggunaan sepeda motor di kalangan pelajar dapat dikurangi. Ia merasa prihatin melihat pelajar ke sekolah memakai sepeda motor. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here