Dishub Karimun Mulai Cek Kir Angkutan Kota

0
455
TERBALIK: Mobil angkot jurusan Balai-Meral terbalik di jalan depan Puskesmas Meral. f-alrion/tanjungpinang pos

KARIMUN – Dinas Perhubungan (Dishub) Karimun mulai melakukan pemeriksaan Kir angkutan kota (angkot) di Karimun dan Pulau Kundur.

Pemeriksaan Kir untuk mengetahui kelayakan kendaraan umum tersebut beroperasi. Meskipun tidak berhasil menjaring semua angkot, upaya perbaikan kinerja telah dilakukan.

”Kami sudah mulai melakukan razia di Karimun dan Pulau Kundur,” kata Bob Januar, staf Dishub, Rabu (24/5). Ia membenarkan belum semua angkot terjaring razia Kir, sehingga tidak bisa melakukan pemeriksaan seluruh kendaraan umum.

Ia menyarankan, pemilik angkutan umum sebaiknya mengantarkan mobilnya untuk diperiksa. Hal itu untuk mengetahui, apakah layak beroperasi atau tidak, karena mencegah lebih baik dari memperbaiki kendaraan yang rusak akibat beberapa fungsi mesin yang tidak normal.

Pemerhati sarana transportasi umum di Karimun, Romi Purba mengatakan Dishub sebaiknya bersikap tegas melihat kelayakan beroperasinya angkutan umum.
”Minimnya tenaga ahli pada Dishub Karimun, menyulitkan melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan,” Terang Romi.

Untuk itu, pemerintah memanggil ahli untuk uji kelayakan angkutan kota.
Pemriksaan kelayakan itu meliputi, pemeriksaan roda, rem, perseneling dan lampu.
Tidak jarang ada angkutan kota yang menyalakan lampu satu unit saja dimalam hari, dan tetap memaksa untuk beroperasi.

”Hal ini sangat berbahaya bagi pengguna jalan lain,” kata Romi.

Beberapa hari lalu, satu unit mobil angkutan kota (angkot) jurusan Meral – Balai ter balik dari perbukitan Puskesmas Meral, Karimun, Rabu (17/5) siang. Akibat kejadian itu, penumpang angkota yang menderita luka-luka langsung dibawa ke RSUD HM Sani Karimun.

”Karena kejadian itu, kami berharap Dishub lebih ketat mengawasi kelayakan mobil angkot di Karimun. Jika tidak. tentunya korban akibat kecelakaan menggunakan angkot akan terus berjatuhan,” tutupnya. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here