Dishub Minta Bersama-sama Awasi Pelabuhan Roro

0
823
PELABUHAN: Kapal Roro saat merapat di Pelabuhan Jagoh, Selasa (25/4). F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga, meminta instansi penegak hukum tingkatkan pengawasan di Pelabuhan Roll On Roll Off (Roro) Jagoh.

Hal ini seiring meningkatnya aktivitas Kapal Roro di Pelabuhan Jagoh dengan beroperasinya rute Roro Jagoh ke Kuala Tungkal ( Provinsi Jambi).

”Sejauh ini belum terlihat ada upaya khusus dari instansi penegak hukum, untuk bersama mengawasi rutinitas pelabuhan Roro di Jagoh ini,” ujar Yusrizal, Kepala Dishub Lingga, kemarin.

Ia menegaskan, pihaknya hanya mampu melakukan pengawasan sesuai dengan wewenangnya saja.

Menurutnya, peningkatan pengawasan di Pelabuhan Roro Jagoh, sudah seharusnya dilakukan untuk mengantisipasi rawannya aktivitas pengi ri man barang ilegal.

Mengingat rute pelayaran dari pelabuhan Roro Jagoh, kini sampai ke Kuala Tungkal di Pulau Sumatera tepatnya di Provinsi Jambi.

Potensi penyalahgunaan Roro untuk masikan barang ilegal semakin besar, hingga membutuhkan peningkatan pengawasan.

”Sekarang ini, pelabuhan Roro Jagoh tidak sebatas berperan sebagai pintu keluar masuk barang dan orang dari Batam atau Tanjungpinang saja. Tapi dari Provinsi Jambi yang notabene berada di Pulau Sumatera,” katanya.

Yusrizal menghawatirkan lemahnya pengawasan tujuan dibukanya rute Roro Jagoh-Kuala Tungkal akan dimanfaatkan orang yang tidak bertanggungjawab untuk masukan barang ilegal yang akan memberi dampak negatif bagi perkembangan daerah.

Selama ini, telah beberapa kali pihak Dishub Lingga menenggarai adanya indikasi praktik penyeludupan barang yang dilakukan dengan memanfaatkan pelabuhan Roro tersebut.(tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here