Dishub Pelajari Usulan Rute ke Perbatasan Kota

0
538
Bus yang sedang terparkir di kawasan Terminal Seicarang, Bincen menunggu penumpang tujuan Senggarang dan Dompak, belum lama ini.F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Guru-guru SMPN 12 Tanjungpinang meminta bus yang kini di kelola PT Bestari Indah Sepakat, melewati sekolah yang beralamat di Jalan WR. Supratman Km 12, Air Raja, Kecamatan Tanjung Pinang Timur. Hal ini diungkapkan Kadihub Tanjungpinang, Bambang Haryanto kepada Tanjungpinang Pos, Senin (29/1) kemarin.

”Kemarin ada beberapa guru dari SMPN 12 datang ke kantor kita, permitaannya agar bus bisa melewati sekolah dan mengantarkan siswa yang rumahnya di kawasan Batu 16, arah Uban,” ungkapnya. Sehingga anak-anak tidak kesulitan mencari transportasi.

Baca Juga :  Maskapai Sriwijaya Air Bawa Turis Tiongkok

Terkait inisiatif para guru, Bambang sangat mengapresiasi. Hanya saja, belum bisa diputuskan karena masih perlu melakukan kajian terkait potensi penumpang. ”Jangan sampai rutenya melwati arah sana tapi tak ada penumpang,” tuturnya.

Menurutnya, belum tentu para siswanya mau menggunakan bus untuk pergi dan pulang sekolah. Ia menilai, jika tidak ada penumpang, nantinya akan membebani APBD Pemko. Sebab harus membayar ke pengelola sesuai dengan jarak tempuh yang dilalaui.

Dicontoh hitungannya, jarak rute dari Terminal Sungai Carang menuju ke Dompak sekitar 21 kilometer per dikalikan Rp 3.500 per sekali berangkat. Begitu juga dengan rute Terminal Sungai Carang menuju ke Senggarang.

Baca Juga :  Dishub Usulkan Anggaran RP 145 Juta

Jika usulan guru itu, diterima, maka akan bertambah lagi biaya yang akan diberikan. Terpisah, Koordinator Bus PT Bestari Indah Sepakat, Jamblis mengatakan, rute tujuan dari Terminal Sungai Carang menuju daerah perbatasan kota tepatnya di Km 16 Kabupaten Bintan, memiliki potensi besar.

”Di sana juga kan ada sekolah. Ya, pasti anak sekolah itu yang memanfaatkan bus ini untuk pergi hingga pulang sekolah,” kata Jamblis.

Menurutnya, selain pelebaran rute, hal ini juga mencegah kecelakaan lalu lintas. Sehingga para siswa tak perlu lagi membawa kendaraan, karena sudah ada bus sebagai alat transportasi. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here