Dishub Terima Bantu ATCS

0
336
Kendaraan melintas di simpang lampu merah berada di Km 6 Tanjungpinang. Persimpangan lampu merah ini sudah dipasang alat ATCS. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang kembali menerima peralatan Area Traffic Control System (ATCS) atau sistem pengendalian area lalu lintas.

Fungsi ATCS diantaranya untuk mengatur waktu sinyal di persimpangan secara responsif dan terkoordinasi. Kemudian, dalam keadaan tertentu, memberikan waktu hijau pada kendaraan yang memiliki prioritas seperti mobil pemadam, mobil ambulan, VVIP, dan konvoi kendaraan. Kemudian, menyampaikan informasi kondisi lalu lintas dan alternatif lintasan.

Menyediakan rekaman data lalu lintas, kejadian kecelakaan, dan kejadian lainnya di persimpangan.

Sedangkan manfaatnya, terciptanya optimasi kinerja jaringan jalan. Mewujudkan sistem lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, selamat dan berwawan lingkungan.

Mengurangi jumlah dan beban petugas pengatur lalu lintas di persimpangan.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tanjungpinang, Bambang Hartanto, kemarin.

Ia mengatakan alat ATCS yang diterima Dishub akan diperuntuhkan hingga dipasang di dua persimpangan berada di Kota Tanjungpinang.

Hanya saja, pihaknya belum tahu pasti dua persimpangan yang akan di pasang alat ATCS tersebut.

”Kalau keinginan kita, ATCS dipasang di simpang Jalan Pamedan dan Jalan Basuki Rahmat,” kata Bambang Hartanto.

Karena pihaknya menilai, arus lalulintas sudah padat di dua persimpangan tersebut.

Pasalnya, banyak kendaraan roda dua sampai kendaraan roda empat dan enam melintasi hingga berhenti di dua persimpangan pada saat lampu merah menyala.

Kalau sudah lampu merah menyala, kendaraan yang melintasi pada berhenti. Ini membuat antrean kendaraan berhenti yang cukup panjang.

Apabila dipasang alat ATCS di dua persimpangan tersebut, lanjut dia, bisa mengatasi kepadatan arus lalulintas di dua persimpangan. Salah satu cara, menyepatkan timer lampu merah tersebut.

Sambung dia, kemudian petugas Dishub Kota Tanjungpinang bisa memantau arus lalulintas melalui CCTv berada di dua simpang tersebut.

Pantauan arus lalulintas yang dilakukan oleh petugas hanya melalui layar monitor berada di ruang pemantauan milik Dishub Kota Tanjungpinang.

”Kita hanya menerima alat ATCS semuanya pemasangan tanggungjawab dari Kemenhub,” sebut dia.

Sebelumnya, Kemenhub sudah pasang alat ATCS di dua persimpangan Kota Tanjungpinang, yakni simpang Melayu Kota Piring dan Batu 6 Tanjungpinang.

Keunggulan alat ATCS ini, apabila pihaknya melihat pengendara sepeda motor tidak mengenakan helm, petugas bisa langsung tegur dari ruang kontrol.

Kemudian, apa bila ada pengendara yang melanggar lampu merah juga bisa ditegur.

Selain itu, alat ATCS juga akan merekam kejadian lalu lintas di daerah tersebut.

Misalnya, ada kejadian tabrakan di simpang lampu merah Pamedan. Apabila pihak perlu data pendukung, pihak kepolisian bisa langsung mengecek ke alat ATCS. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here