Dishub Utamakan Tangga BRT

0
592
NAIK BUS: Mahasiswa naik bus tujuan Dompak, Kamis (7/12). F-ISTIMEWA/DISHUB TANJUNGPINANG

Penumpangnya Rata-rata Mahasiswa

TANJUNGPINANG – Bus Raid Transit (BRT) resmi beroperasi, Kamis (7/12). Jumlah penumpang rata-rata mahasiswa. Bus bantuan dari Kementerian Perhubungan diresmikan Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah, Rabu (6/12).

”Penumpangnya rata-rata mahasiswa. Rute Bintancentre-Senggarang ada 20-an mahasiswa yang naik. Rute Bintancentre-Dompak 40-an penumpang mahasiswa. Ongkosnya hanya Rp2 ribu,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tanjungpinang, Bambang Hartanto kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (7/12).

Kata Bambang, kendala yang dihadapi penumpang saat naik bus, belum adanya halte bus. Tahun depan, Dishub belum menyediakan halte bus BRT. ”Halte belumlah. Kita masih butuh tangga di tahun 2018. Kita sudah mengajukan untuk pembuatan tangga untuk naik turun penumpang. Cuman saya lupa berapa jumlahnya. Tapi, kalau pihak swasta mau sediakan halte, kita senang hati,” kata Bambang.

Bambang mengatakan, tangga tersebut akan diletakkan di beberapa titik sesuai rute yang ditempuh sopir BRT. Ada di daerah rute Senggarang dan Dompak.

Intinya, tangga akan diletakkan di tempat yang dianggap strategis. Supaya masyarakat mudah untuk memanfaatkan fasilitas transportasi angkutan darat, yaitu BRT. Kemudian, tangga tersebut tidak mengganggu fasilitas umum serta jalur lalu lintas. Ia perkirakan, sekitar 20-30 tangga yang akan disebar di pinggir jalan.

10-15 tangga akan diletakkan di bagian kiri jalan. 10-15 tangga lagi diletakkan di bagian kanan jalan. ”Kita harus letakkan tangganya di kiri dan kanan. Pertama, pintu bus kita berada disebelah kiri. Kedua, bus kita melayani dua jalur, baik itu jalur kiri maupun kanan,” ucap dia.

Untuk sementara ini, ia katakan, pihaknya hanya menyediakan satu tangga untuk empat bus. Tangga ini digunakan secara bergantian oleh sopir bus di Terminal Sungai Carang. Pada saat ingin naik hingga turunkan penumpang di jalan raya, sopir bus hanya membuka pintu bagian depan berdekatan dengannya.

”Ya, kita minta sopir bus jangan berhenti disembarang tempat. Jangan mengganggu arus lalu lintas. Jaga keselamatan penumpang selama dalam perjalanan,” harap dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here