Disiapkan Pojok Riset untuk UMRAH

0
752
REKTOR UMRAH Prof Akhlus bersalaman dengan pihak Treasure Bay Bintan usai meneken MoU, Selasa (5/6).F-istimewa

Teken MoU dengan Manajemen Treasure Bay Bintan

Pihak Treasure Bay Bintan menggandeng Universitas Maritim Raja ALi Haji (UMRAH) Tanjungpinang mengembangkan Taman Laut Indoor. Di lokasi ini nanti, akan disiapkan pojok riset untuk UMRAH.

DOMPAK – DALAM pembangunan Marine Park tersebut, pihak Treasure Bay Bintan juga melibatkan UMRAH di dalamnya. UMRAH diberi peran sebagai peneliti dan pengembangan Taman Laut tersebut.

Selasa (5/6) lalu, pihak UMRAH dan Treasure Bay Bintan telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di Gedung Rektorat UMRAH di Dompak yang ditandatangani oleh Rektor UMRAH Prof Dr Syafsir Akhlus M.Sc.

Pada kesempatan itu, pihak Treasure Bay dihadiri oleh Mr Lee Tak Meng selaku Quality Control Advisor PT Marine Life Discovery Park (Treasure Bay). MoU tersebut merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya, Selasa (4/4) lalu antara pihak UMRAH dan pengelola kawasan wisata Treasure Bay Bintan. Pihak UMRAH dan Treasure Bay telah berbincang dan melaksanakan survei lokasi pengembangan Marine Park.

Baca Juga :  Cetak Tenaga Pendidik Berbasis Agama.

Dalam hal ini, pihak Treasure Bay sebagai pihak pertama merupakan perusahaan yang memiliki sumber daya fasilitas aquaria yang potensial untuk dikembangkan, khusus untuk sektor sumber daya kelautan dan perikanan.

”Sedangkan UMRAH sebagai pihak kedua yang merupakan perguruan tinggi atau universitas yang memiliki sumber daya manusia yang kompeten di bidang penelitian dan pengembangan,” ujar Prof Akhlus, di sela-sela penandatanganan MoU.

Dengan demikian, lanjut Prof Akhlus, mahasiswa-mahasiswi UMRAH dapat belajar dan mengembangkan penelitian dengan maksimal dan sebagai peningkatan akademis UMRAH ke depannya.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka kedua belah pihak sepakat untuk meneken MoU dengan tujuan untuk meningkatkan dan memanfaatkan potensi aquaria secara optimal melalui pengembangan penelitian serta pendidikan.

”Serta pemanfaatan potensi sumberdaya kelautan juga untuk kemajuan perusahaan, dan masyarakat sekitar serta pemerintah daerah,” ungkap Prof Akhlus saat ditanya tujuan dari penandatanganan MoU ini.

Baca Juga :  Lima Mahasiswa akan Menimba Ilmu di Beijing

Sebagaimana yang telah terjalin sebelumnya, Treasure Bay (landmark group) mengajak UMRAH untuk mengembangkan Marine Park. Sehingga, Marine Park sebagai taman laut indoor pertama di Indonesia.

Tak hanya itu, pihak Treasure Bay akan mengisi Marine Park dengan spesis endemik yang ada di Kepri. Bahkan, lebih hebatnya UMRAH akan diberikan fasilitas dan sarana penelitian. ”UMRAH akan diberikan ruang pojok riset tersendiri (Research Corner), untuk melakukan riset terkait dengan spesies laut dan berkesempatan untuk mengajarkannya kepada pengunjung (turis) dengan konsep EDU Park,” ungkap Prof Akhlus.

Sebelumnya, Yales Veva Jaya (Kepala PPSPL UMRAH) pernah mengungkapkan mengenai pojok riset dimaksud untuk UMRAH. Ia menyebutkan, pojok riset (research corner) nantinya akan digunakan bagi peneliti dari PPSPL serta Mahasiswa UMRAH.

Baca Juga :  Mahasiswa UMRAH Ikuti Upacara HUT RI di KBRI Bangkok

”Sedangkan cakupan kajian yang sesuai dan dapat dilakukan di Marine Park ini adalah Coral Transplantation, Mangrove Community, Mariculture dan Endemic Spesies,” tambah Yales Veva.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor I Prof Rayandra juga ikut gembira atas rencana kerja sama ini. Menurutnya, kerja sama semacam ini sangat diperlukan bagi UMRAH terutama sebagai penunjang penelitian dan pengembangan bagi mahasiswa-mahasiswi.

”Bagus sekali. Ini kesempatan yang luar biasa. Konsep Taman Laut Indoor ini akan menarik minat wisatawan untuk datang ke Kepri dan lebih bagusnya lagi Marine Park ini bisa jadi laboratorium kedua bagi UMRAH khususnya di bidang kemaritiman dalam melakukan penelitian,” ungkap Prof Rayandra.(ADLY BARA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here