Diskominfo Tak Jamin Sinyal Tes CPNS

0
174
WARA beramai-ramai memanfaatkan akses internet nirkabel (Wifi) Nusantara milik salah satu sekolah. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

Pihak Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) dan Statistik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas, tidak bisa menjamin kelancaran sinyal terkait jaringan sistem online untuk pendaftaran bagi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

ANAMBAS – Sehingga, pelamar CPNS harus mengetahui titik dimana jaringan internet yang cepat saat mendaftar nanti.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Pemkab Anambas Jeprizal mengatakan, semua peserta mendaftarkan secara online. Saat rapat dengan Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) bersama Bupati Anambas Abdul Haris SH sudah disampaikan, bahwa jaringan untuk pendaftar CPNS dinilai sudah memadai karena Palapa Ring Barat (PRB) sudah aktif walaupun status ujicoba. ”Kalau jaringan kita sudah memadai, karena saat ini PRB sudah tahap ujicoba (Trial). Namun ada titik tertentu, dan selama pendaftaran dan seleksi jaringan dinilai cukup memadai,” kata Jeprizal, kemarin. Japrizal juga menambahkan, saat ini pihaknya tetap koordinasi dengan pihak pengelola PRB. Namun, jika ada gangguan saat pelaksanaan PRB pihaknya tidak bertanggungjawab.

Dikarenakan belum adanya kerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) bersama pengelola PRB.

Kerjasama belum dilakukan, lanjut Jeprizal, karena belum ada penetapan tarif pengguna.

Sehingga, saat pelaksanaan pembukaan pendaftaran nanti hanya jaringan sinyal saat ujicoba seperti yang terlaksana selama ini.

”Tapi kalau ada gangguan, saat pelaksanan PRB tidak ada tanggung jawab, karena kita belum bisa kerjasama. Namun, kalau dilihat selama percobaan ini tidak ada masalah untuk jaringan sinyalnya,” ungkapnya.

Bahkan, kata Jeprizal, seandainya pelaksanaan panitia menyediakan laptop atau komputer antara 50 unit sampai 100 unit.

Maka, jaringan yang ada saat ini masih dikatakan bisa mendukung. Sementara, untuk pelaksanaan secara teknis mulai dari pendaftaran hingga seleksi nanti merupakan wewenang BKPSDM.

”Kami hanya memastikan jaringan saja, namun secara teknis mulai pendaftaran dan seleksi merupakan tanggungjawab panitia. BKPSDM yang lebih mengetahui secara teknis, kalau tak salah pendaftaran sudah disampaikan mulai tanggal 19 nanti,” katanya.

Pada pemberitaan sebelumnya, warga Anambas menganggap sinyal komunikasi dan internet yang lancar apabila ada kunjungan kerja pejabat pusat.

Sehingga, Pemerintah Daerah (Pemda) Anambas dinilai harus lebih kerja keras lagi untuk menyelesaikan persoalan itu.

”Kalau bicara sinyal internet memang agak sulit. Kita ingin menikmati secara maksimal, tetapi kondisi kampung kita tak memadai untuk hal itu. Tapi kalau dibandingkan dengan masa lalu, jauh lebih baik dengan keadaan Anambas saat ini,” kata Rahman, warga Kelurahan Letung, kemarin.

Ia tentu berharap kepada semua pihak, baik itu dari Pemda Anambas maupun pihak provider yang ada.

Jika bicara tentang untung rugi yang dialami oleh provider ia juga tidak mengerti, tapi bicara persoalan jaringan ia menilai alasan selama ini adanya gangguan tidak benar.

Sebab, apa yang terjadi seperti adanya pejabat pusat datang jaringan menjadi baik. Itulah alasan dia, bahwa jaringan tidak ada mengalami persoalan.

Tetapi, kalau bandwidth-nya kurang maksimal saat ini bisa jadi itu yang menjadi persoalannya.

”Saya kira jaringan tidak menjadi alasan, tapi kalau kurang maksimal bandwitch mungkin itu yang perlu ditingkatkan. Plan bisnis provider, tentulah ingin mendapatkan keutungan,” ujar dia ketika diminta tanggapan.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here