Disnakertrans Kepri Ingin Dirikan UPT di Bintan

0
1019
BERI KETERANGAN: Seviyandi Bakar memberikan keterangan. f-susanto/tanjungpinang pos

BINTAN – Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kepri Seviyandi Bakar mengatakan, sejak dialihkannya kewenangan penyelenggaraan pengawasan ketenagakerjaan dari kabupaten/kota ke provinsi, merupakan tantangan yang perlu dihadapi. Justru itu, Disnakertrans Kepri ingin mendirikan UPT di Kabupaten Bintan dan kabupaten/kota lainnya, di wilayah Kepri.

Seviyandi menjelaskan, pelimpahan kewenangan itu diatur dalam Undang Undang nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah. Untuk pelaksanaan di Kepri, cukup besar tantangan yang dihadapi. Geografis wilayah Kepri terdiri dari pulau-pulau dan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pengawas ketenagakerjaan yang dimiliki saat ini.

Baca Juga :  Hibah Lahan SDN 004 Pulau Sirai Sudah Selesai

Sementara, rentang kendali objek pengawasan (pengusaha/perusahaan, pekerja dan K3) cukup luas. SDM yang diperlukan idealnya 288 orang, untuk mengawasi sebanyak 17.306 perusahaan yang ada di wilayah Kepri. ”Kita berharap ada Unit Pelayanan Teknis (UPT) pengawasan ketenagakerjaan, yang dapat membantu sebagian pelaksanaan kegiatan teknis operasional penyelenggaraan pengawasan ketenagakerjaan di daerah,” ujar Seviandy, Selasa (5/9) kemarin.

Menurut, pengawasan dan pendirian UPT di kabupaten/kota itu, harus ditunjang dengan kelengkapan sarana dan prasarana yang baik serta memadai. Disnakertrans Kepri sudah melakukan koordinasi dengan Sekretaris Daerah, Biro Organisasi dan Korpri, serta Biro Hukum. ”Sedangkan Peraturan Gubernur mengenai pembentukan UPT tersebut sudah dalam tahap finalisasi untuk ditandatangan oleh Gubernur. Dengan adanya hal tersebut realisasi akan kebutuhan pembentukan UPT Pengawasan dapat dilakukan,” harapnya.

Baca Juga :  Pemkab Temui Ketua BNPB RI

Seviyandi Bakar mengungkapkan, dalam menghadapi tantangan tersebut, pihaknya bersama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kepri, telah melakukan penguatan personel. Baik secara kuantitas maupun kualitas, dengan cara pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam jabatan fungsional pengawas ketenagakerjaan, sesuai Peraturan MenPAN-RB nomor 26/2016 tentang pengangkatan PNS dalam jabatan fungsional melalui penyesuaian. ”Kegiatan ini telah dilaksanakan, 22 sampai 24 Agustus 2017 lalu, dengan menggunakan sistem uji kompetensi. Selain untuk pengembangan karier, kegiatan juga bertujuan untuk profesionalisme dan peningkatan kinerja organisasi, serta memenuhi jabatan fungsional,” jelasnya.

Baca Juga :  Warga Dilanda Banjir, Tapi Tak Diperhatikan

Sebelumnya, Kepala DPMPTSP dan Naker Bintan Hasfarizal Handra mengatakan, di Kabupaten Bintan sebaiknya dibentuk OPD baru, yaitu Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). ”Kalau DPMPTSP dipisah dengan Disnaker, tugas dan fungsi OPD lebih maksimal. Terutama dalam pembinaan tenaga kerja, maupun perekrutan tenaga kerja,” ujar Hasfarizal Handra. (cr37)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here