Dispar Kepri Gandeng Agen Tour & Travel

0
402
DISAMBUT: Wapres Sejumlah turis disambut di Bintan, belum lama ini. f-dok/tanjungpinang pos

arahkan turis saksikan PPTMA lingga tahun 2017

Daik dan Dabo Singkep akan menjadi lautan manusia. Ribuan wisatawan asing (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) akan memadati daerah ini saat pagelaran Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA).

LINGGA – KEPALA Dinas Pariwisata Pemprov Kepri, Buralimar mengatakan, pihaknya akan membantu mem-back up penyelenggaraan PPTMA dan Festival Gunung Daik (FGD) di Lingga.

Ia menjelaskan, awalnya, FGD merupakan bagian dari Festival bahari Kepri (FBK) yang sudah sukses dilakukan bulan lalu. Namun, karena ada PPTMA sekaligus Hari Jadi ke-14 Kabupaten Lingga, akhirnya FGD digelar bersamaan dengan dua momen tersebut. ”Kita bantu. Mungkin pekan ini saya akan diskusikan apa yang bisa dibantu provinsi. Pak Gubernur juga sudah mengarahkan untuk membantu mensukseskan kegiatan besar ini,” ujar Buralimar via ponselnya, Minggu (12/11) kemarin.

Bahkan, tidak memungkinkan dirinya akan menggandeng sejumlah agent tour & travel untuk mengajak turis yang datang ke Batam dan Tanjungpinang agar datang menyaksikan berbagai perhelatan di Lingga nanti.

Saat ini, transportasi dari Batam ke Lingga sudah lancar. Sehingga sudah mudah arus mobilisasi turis ke kabupaten dengan julukan Bunda Tanah Melayu itu.

Sebelum acara dimulai, tentu akan dilakukan berbagai evaluasi mana kekurangan yang belum disiapkan. Mereka akan membantu mencari solusi untuk menyelesaikan jika ditemukan persoalan di lapangan.

Di Kepri, masing-masing instansi pemerintah saling bergandengan tangan untuk mensukseskan kegiatan yang ada. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah kedatangan turis ke Kepri.

Buralimar mengatakan, berbagai event yang digelar di Kepri cukup membantu untuk mendatangkan target wisman ke Kepri. Seperti saat FBK Oktober lalu, jumlah turis yang menyaksikannya cukup ramai.

Meski belum diketahui pasti berapa jumlah wisman yang datang saat itu, namun ia pastikan jumlahnya banyak. Masih ada beberapa event yang akan digelar di Kepri sampai akhir tahun termasuk PPTMA, FGB hingga Kenduri Seni Melayu (KSM) di Batam.

Ia menjelaskan, hingga 1 September 2017 lalu, jumlah wisman yang berkunjung ke Kepri sekitar 1,45 juta jiwa. Jumlah ini masih terus bertambah selama tiga bulan mulai Oktober, November hingga Desember.

Ia optimis, jumlah kedatangan turis Kepri hingga akhir tahun bisa mencapai 2,5 juta jiwa sesuai target yang diberikan. Buralimar mengatakan, sektor wisata merupakan salah satu andalan Indonesia khususnya Kepri dalam meningkatkan devis negara termasuk pendapatan masyarakat.

Sehingga, tahun 2018 nanti, even-event besar skala nasional dan internasional tetap akan dilakukan di Kepri. Sehingga ke depan, event-event di Kepri menjadi agenda rutin tiap tahun dan selalu dinantikan turis.

PPTMA rencananya akan digelar di dua tempat utama di Lingga, 17-26 November mendatang. Namun, jadwal ini bisa bergeser jadi, tanggal 19-28 November karena Wakil Presiden RI Jusuf Kalla direncanakan akan membuka PPTMA, 19 November nanti. JK sendiri sudah menyatakan akan hadir di Lingga.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here