Dispar Lingga Targetkan 13 Ribu Pelancong

0
704
PANTAI : Kawasan Pantai Batu Bedaun merupakan salah satu wisata andalan di Kabupaten Lingga. F-DOK/TANJUNGPINANG POS

Wisatawan Kapal Layar Paling Ramai

LINGGA – Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Lingga, Idrus melalui Kasi Promosi Rosanna megatakan, target kunjungan wisatawan ke Lingga tahun 2017 sebanyak 13.634 orang.
Jumlah itu baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Pada 2016 lalu, dikatakan Rosanna, dari 12.764 target wisatawan, Dispar hanya mampu mendatangkan 10.684 wisatawan. Artinya target wisatawan Lingga belum tercapai dengan maksimal.

”Tahun 2017 target kami 13.634 wisatawan, dan jumlah itu termasuk wisatawan lokal maupun luar,” kata Rosanna, Kamis (6/4).

Baca Juga :  Koramil dan Polsek Daik Razia Gabungan

Sedangkan tahun 2016 lalu, Rosanna mengaku target yang ditentukan belum tercapai.
Ia menjelaskan, mengacu dari akumulasi dan persentase kunjungan setiap tahun, peserta wisata layar atau sail sangat menyumbangkan jumlah kunjungan yang berasal dari luar negeri ke Lingga.

”Target global kami dari Australia dan Selandia Baru. Wisatawan layar paling banyak, baik event nasional maupun internasional,” terangnya.

Selain itu, Ada juga wisatawan Malaysia dan negara-negara tetangga lainnya. Pihaknya menghitung dari jumlah wisatawan yang masuk ke tempat wisata dan menginap di hotel-hotel yang ada di Lingga.

Baca Juga :  Dewan Segera Bahas Pemekaran Kecamatan Senayang

Karena belum memiliki entry dan exit point, Dispar Lingga kata Rosanna sulit mendata wisatawan luar secara menyeluruh.

”Sampai saat ini, Kami mengalami kesulitan untuk mendatanya,” ungkap Rosanna.

Namun begitu, dengan sejumlah agenda dan kegiatan yang dirancang pemerintah daerah maupun kegiatan wisata layar. Diharapkan, pengunjung semakin mengenal Lingga dan Dispar optimis wisatawan lokal maupun mancanegara akan lebih banyak masuk ke Lingga.

”Hal ini juga perlu didukung kesiapan fasilitas dan sarana pendukung lainnya bagi kenyamanan pelancong,” cetusnya. (cr35)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here