Disparbud Optimis Kembangkan Pariwisata

0
527
Masykur

ANAMBAS – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas, optimis mengembangkan sektor pariwisata. Upaya itu untuk mendukung pencapaian visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas, dengan dasar hukum melalui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2016-2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dalam pengembangan perikanan dan pariwisata.

Kedua sektor itu sebagai basis sektor maritim serta pertanian yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan lokal dengan lingkungan hidup yang lestari. Dalam menjalankan program di skala prioritas, maupun belum skala prioritas.

Baca Juga :  Empat Pelamar Tidak Hadir Tes SKB

Pada tahun 2017, telah dibangun Batu Tumpak III di Kota Tarempa Kecamatan Siantan ini termasuk skala tidak prioritas. Tetapi, memiliki dampak dan manfaat berkelanjutan untuk pariwisata lokal maupun wisata tingkat nasional.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Kepulauan Anambas Masykur menjelaskan, pembangunan Batu Tumpak III pada tahun 2018 akan menjadi skala prioritas sebab antusias masyarakat untuk menikmati fasilitas cukup tinggi dan diperlukan pembangunan lanjutan.

”Tahun 2018 program itu menjadi prioritas dan akan diusulkan pembangunan lanjutannya. Selain itu, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan,” kata Masykur selaku Plt Kadis Pariwisata dan Budaya KKA kepada wartawan, Senin (19/3).

Baca Juga :  Pemerintah Desa Sidak Kedai Kelontong

Ia juga menyampaikan, saat ini di Desa Belibak Kecamatan Palmatak telah ditetapkan menjadi Desa sebagai destinasi wisata. Kabar menggembirakan bagi Pemda, bahwa masyarakat Desa Belibak telah membuat atau membangun homestay bagi wisatawan yang hendak mengunjungi ke desa itu.

Harga kamar yang ditawarkan masih belum diatur dengan benar, dan ia akan melakukan koordinasi dengan pihak desa untuk mengatur harga sesuai dengan fasilitas yang layak bagi wisatawan. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here