Disperdagin Tanjungpinang Ikut Pameran

0
504
TANJAK: Salah satu pelaku UMKM di Tanjungpinang sedang membuat tanjak ,belum lama ini. Tanjak salah satu produk yang akan dipamerkan di PPTMA Lingga, nanti. f-suhardi/tanjungpinang pos

Ramaikan PPTMA Lingga Tahun 2017

Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA) bersempena Hari Ulang Tahun ke-14 Kabupaten Lingga bukan sekedar mengulang kembali kebesaran Melayu.

LINGGA – NAMUN, momen ini juga akan dimanfaatkan untuk memperkenalkan Kepri secara keseluruhan kepada para tamu undangan baik yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri.

Di perhelatan akbar ini, akan digelar juga pameran. Dan seluruh kabupaten/kota di Kepri diharapkan mengikutinya. Kesempatan inilah yang harus dimanfaatkan untuk mengenalkan daerahnya masing-masing.

Dari Tanjungpinang, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Tanjungpinang rencananya akan menggelar pameran di Lingga. Menurut Kepala Disperdagin Tanjungpinang, HM Juramadi Esram, pihaknya akan mengutus beberapa stafnya untuk mengikuti pameran di PPTMA Lingga.

”Produk unggulan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tanjungpinang akan kita pamerkan di Lingga. Sehingga, masyarakat luas akan mengenal apa saja jenis produk unggulan Tanjungpinang,” ujar Juramadi Esram, Senin (13/11).

Saat pameran nanti, Disperindagin Tanjungpinang akan menggandeng Dekranasda Tanjungpinang untuk mempromosikan hasil kerajinan tangan, hasil produksi UMKM asli Tanjungpinang. ”Termasuk kita akan promosikan tanjak hingga kuliner serta suvernir di acara pameran tersebut,” bebernya.

Diperidagin bersama Dekranasda menggelar pameran di acara Tamadun Melayu, sambung putra daerah Lingga ini ingin mempromosikan keunggulan UKM yang dimiliki Tanjungpinang di tingkat Kepri bahkan dunia.

Karena, Tamadun Melayu bakal dihadiri undangan penting dari negara tetangga seperti dari Malaysia, Brunai Darussalam dan beberapa negara lainnya. ”Kebetulan saya juga orang asli Lingga tidak salah saya menggelar pameran di Lingga,” bebernya lagi.

Ia belum memprediksikan berapa target transaksi yang dihasilkan di ajang pameran event Tamadun Melayu mendatang. ”Tak ada target berapa pencapaian. Kita hanya mempromosikan hasil UKM kita ke daerah lainnya supaya UKM Tanjungpinang makin dikenal,” harapnya.

Juramadi mengatakan, banyak produk-produk Tanjungpinang yang sudah dihasilkan masyarakat. Dan semua ini perlu dipromosikan. PPTMA di Lingga nanti akan disaksikan ribuan orang, sehingga menjadi kesempatan yang bagus untuk mengenalkan produk UMKM Tanjungpinang.

Saat ini, pihaknya mulai mempersiapkan jenis produk apa saja yang akan dipajang di stan pameran di PPTMA Lingga dengan kerja sama ke pihak Dekranasda Tanjungpinang. Tiap tahun, jumlah produk UKMK Tanjungpinang bertambah. Sehingga, perlu diperkenalkan ke daerah lain.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here