Disperindag akan Gelar Operasi Pasar

0
186
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Kepri, Burhanuddin

TANJUNGPINANG – Antisipasi lonjakan harga sembako mejelang Lebaran, Pemprov Kepri bersama Bulog Tanjungpinang berencana melakukan operasi pasar murah di empat kabupaten-kota di Kepri.

Operasi pasar ini sebagai salah satu langkah menekan kenaikan harga. Seperti diketahui, peningkatan permintaan masyarakat, tidak menutup kemungkinan membuat harga naik.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Kepri, Burhanuddin menyampaikan, operasi pasar murah ini akan dilakukan di sejumlah daerah antara lain Bintan, Tanjungpinang, Batam dan Karimun. Rencana digelar serentak minggu ke tiga Ramadan ini.

“Kami berkolaborasi dengan Bulog, menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari, yang sangat dibutuhkan masyarakat,” ujar Burhanuddin kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (10/5).

Lebih lanjut, operasi pasar ini lanjut dia seperti biasanya, menjual kebutuhan sembako murah dengan harga yang rata-rata di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Saat ini tim kita sedang berkoordinasi, dengan pemda dan bulog,” sebut Burhanuddin.

Mantan Pejabat Pemprov Pekanbaru ini, menceritakan berdasarkan pantauan tim Disperindag saat ini, hampir rata-rata harga kebutuhan pokok yang dikonsumsi masyarakat mengalami kenaikan lima sampai enam persen.

Ia menuturkan, lonjakan harga kebutuhan pokok ini karena beberapa faktor, antara lain seperti gangguan transportasi yang tinggi serta lainnya.

“Ini terjadi hampir sepanjang tahun, tak bisa kita pungkiri, salah satu antisipasi kita melakukan pemantauan rutin serta menggelar operasi pasar murah, agar meringankan beban masyarakat,” jelasnya.

Adapun beberapa item yang dijual murah, yaitu beras Bulog ukuran 5kg senilai Rp 47.000. Gula pasir kemasan 1 kilo, cukup membayar Rp 12.000 dari biasanya Rp13 ribu sampai Rp14 ribu per kilo.

Selain itu, minyak goreng Pouch 1 kg Rp12.500, daging beku 1kg Rp78 ribu dari biasanya Rp90 ribu. Telur Ayam Ras, serta Berbagai jenis sayur, cabe merah dan cabe hijau serta lainnya di jual lebih murah dari biasanya. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here