Disperindagin akan Laporkan Distributor Nakal

0
478
DISKUSI: Kepala Disperindagin Kota Tanjungpinang, HM Juramadi Esram berdiskusi bersama Kabid Perdagangan Disperdangin Desi. f-MARTUNAS/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Tanjungpinang, HM Juramadi Esram mengakui bila biasanya para distributor memanfaatkan momen bulan Ramadan untuk menahan atau menimbun barang kebutuhan pokok di gudang miliknya.

Akibatnya ketersediaan stok di pasar tradisional seperti Pasar Bestari Bintancenter (Bincen) dan Pasar Baru, Kota Lama, Tanjungpinang sedikit. Bila pasokan lebih sedikit daripada perminataan, tentu hukum pasar akan berlaku yaitu harga akan naik.

Untuk itu, ia meminta kepada distributor untuk tak menimbun pasokan barang. Bila ketahuan, maka tak segan-segan pemerintah akan memberikan sanksi. Bila tidak ada penimbunan stok, ia meyakini harga kebutuhan pokok dapat stabil di bulan Ramadan dan menyabut Lebaran nanti.

”Distributor boleh cari untung, tapi dengan cara menimbun, harus yang wajar,” kata Juramadi Esram kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Bahkan ia mengaku tak akan segan-segan melaporkan distributor yang berani bertindak curang tersebut ke pihak berwajib, yaitu polisi.

”Kita akan selalu koordinasi dengan kepolisian. Biar polisi saja yang memberikan sanksi tegas kepada para distributor yang terang-terangan menahan atau menimbun barang kebutuhan pokok di gudangnya,” tegas dia.

Dicontohkannya, harga bawang putih sudah ditentukan Menteri Perdagangan dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 38 ribu per kilogram (kg). Hanya saja, para pedagang di pasar tradisional menjual bawang putih kisaran Rp 50 ribu hingga Rp 55 ribu per kg.

”Nanti kita akan telusuri. Jangan sampai ada tindakan seperti di Jawa Timur yang menimbun. Kini kasusnya sudah ada ditangani pihak berwajib sebagai tersangka,” terangnya.

Untuk mengindari kejadian yang tidak diinginkan, ia berharap, disributor hingga para pedagang menjual barang kebutuhan pokok di harga yang pantas. ”Ini yang kita harapkan dan akan diawasi,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here