Disperindagkop Tera Ulang Ratusan Timbangan

0
648
Helmi Wahyuda SE

NATUNA – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Natuna kembali menggratiskan biaya tera ulang alat ukur timbangan bagi pedagang di seluruh Natuna. Sepanjang tahun 2017, sidang tera ulang alat ukur timbangan sudah dilaksanakan di 15 kecamatan.

Kecamatan yang telah dilaksanakan itu diantaranya, Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, Bunguran Tengah, Bunguran Selatan, Bunguran Barat, Bunguran Utara, Bunguran Batubi, Midai, Serasan dan Serasan Timur, Subi, Pulau Laut, Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat.

”Dalam pelaksanaannya, kita bekerjasama dengan UPT Metrologi Kabupaten Bintan dengan cara turun langsung ke setiap kecamatan. Sekitar 400 alat ukur timbangan berhasil ditera ulang,” kata Helmi Wahyuda, Kadisperindagkop dan Usaha Mikro Natuna, baru-baru ini.

Selain alat ukur milik pedagang, Disperindagkop dan Usaha Mikro juga menera milik perusahaan seperti Depot Pertamina, SPBU, APMS serta perusahaan yang memiliki alat ukur lainnya.

Dengan kondisi saat ini, Disperindag berharap UPT Metrologi Natuna segera terbentuk beserta sarana dan prasarana yang memadai. Sehingga, pelayanan kemetrologian bisa dilakukan secara maksimal.

”Alat ukur yang ada di Kabupaten Natuna sangat banyak sekali, sehingga jika UPT Metrologi bisa terbentuk, dipastikan dapat meningkatkan PAD dari sektor metrologi. Akan tetapi semua itu harus didukung sarpras dan anggaran yang cukup dari Pemda,” ungkap Yuda.

Diakui Yuda, dari sisi sumber daya manusia di bidang metrologi, secara bertahap SDM itu sudah dipenuhi. Tinggal dukungan sarana prasarana sehingga tahun depan Pemda bisa melakukan tera ulang secara mandiri. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here