Dispora Bantu Cegah Narkoba Rasuki Pemuda

0
364
Kadispora Tanjungpinang, Djasman

TANJUNGPINANG – Perairan Kepri menjadi salah satu jalur alternatif bagi bandar narkoba memasukkan barang itu ke Indonesia. Terbukti dengan adanya tangkapan kapal yang membawa narkoba berton-ton, akhir-akhir ini.

Tidak menutup kemungkinan, narkoba beredar di tengah-tengah masyarakat Tanjungpinang, khususnya para pemuda maupun pelajar. Untuk mengantisipasi pemuda dan pelajar tidak terjerat narkoba, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang menilai sangat perlu dilakukan sosialisasi bahaya narkoba.

Kadispora Tanjungpinang, Djasman menuturkan, para pemuda harus mengenal ciri-ciri dan bahaya penggunaan narkoba agar tidak mudah terpengaruh. Begitu juga konsekuensi hukumnya bagi pengguna bahkan pengedar.

Dituturkannya, sosialisasi akan dilaksanakan, Senin (23/4) mendatang di Hotel Comfort, Batu 10, Tanjungpinang. Para peserta berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar SMA, mahasiswa serta para pemuda di kecamatan dan organisasi kepemudaan.

Melalui kegiatan ini, ia berharap para peserta bisa membentuk komunitas serta menjelaskan kembali materi yang mereka peroleh dari narasumber saat sosialisasi kepada kelompok-kelompok masyarakat lainnya. ”Kita ingin mereka menjadi kader atau perpanjangan tangan pemerintah untuk memerangi narkoba,” ujarnya saat dijumpai di ruang kerjanya, kemarin.

Pihak Dispora Tanjungpinang akan menggandeng beberapa narasumber yang dinilai berkompotensi di bidang itu. Diantaranya dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, BNN Batam, BNN Tanjungpinang dan Polres Tanjungpinang.

Ia mengatakan sosialisasi bahaya narkoba difokuskan ke para pemuda dan pelajar, karena dinilai berpontensi menjadi sasaran para bandar. ”Kami mewakili pemerintah mengingatkan para pemuda jangan sekali-sekali mencoba narkoba,” paparnya.

Menurutnya, sekarang juga banyak jenis-jenis narkoba baru yang perlu diwaspadai. Bahkan, kini modus peredaran narkoba terus berkembang. Ini yang perlu sama-sama di antisipasi.

Selain itu, ia berharap melalui kegiatan sosialisasi nanti dapat memacu semangat para pemuda untuk menjadi lebih baik dan berlomba-lomba menjadi pemuda yang cerdas dan kreatif. ”Semoga pemuda Tanjungpinang tidak mudah tergerus akan keadaan lingkungan yang tidak baik,” ucapnya.

Ia menilai, untuk mencegah masuknya narkoba di Tanjungpinang perlu peran semua pihak. Termasuk para orang tua, tokoh masyarakat dan stakeholder lainnya. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here