Dispora Mulai Seleksai Anggota Paskibra

1
1607
Penddikan - Tim seleksi Paskibra berada di SMAN 1 Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Meski peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-73, masih enam bulan lagi, namun Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Tanjungpinang mulai melaksanakan proses seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Tanjungpinang 2018.

Yang menjadi calon anggota Paskibra nanti adalah siswa-siswi SMA sederajat. Ini merupakan seleksi tingkat pertama. Setiap sekolah menyiapkan 20 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan.

Panitia seleksi terdiri dari pegawai Dispora bersama TNI-Polri. Panitia ini sudah menyambangi masing-masing sekolah di Tanjungpinang, mulai, Senin (26/2) sampai dengan Jumat (2/3) mendatang.

Kepala Dispora Pemko Tanjungpinang, Djasman mengatakan, panitia seleksi akan turun ke sekolah-sekolah untuk melakukan seleksi dari 20 siswa yang dipilih pihak sekolah.

”Dari masing-masing sekolah ini, tim akan menyeleksi 5 laki-laki dan 5 perempuan. Artinya, 10 siswa dari masing-masing sekolah. Selanjutnya, masing-masing wakil sekolah ini akan mengikuti seleksi gabungan se-Tanjungpinang,” ujar Djasman kepada Tanjungpinang Pos via ponselnya, Senin (26/2).

Baca Juga :  Kuenya Nikmat, Tapi Kurang Promosi

Saat seleksi gabungan, tim akan melihat siapa kandidat yang terbaik untuk ditetapkan menjadi anggota tim Paskibra Tanjungpinang.
Stelah itu, mengikuti proses karantina. Di lokasi karantina, dibentuk satu organisasinya seperti perkampungan di desa, ada camat, ada lurahnya. ”Selama karantina mereka juga dibangkitkan patriotisme, nasionalisme dan dilatih berorganisasi,” tambahnya.

Yang berminat menjadi anggota Paskibra sangat banyak. Namun, tidak semua lolos seleksi karena syaratnya tidak gampang. Bagi mereka yang alumni Paskibra ini sudah punya banyak pengalaman, pengetahuan dan mumpuni.

Panitia seleksi Paskibra Tanjungpinang, Dani menambahkan, mekanisme seleksi tahun ini ada sedikit perbedaan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Sekolah Jangan Tolak Siswa Berprestasi

Bila sebelumnya panitia mengumpulkan seluruh siswa, kali ini, pihak sekolah yang sudah menyiapkan 20 siswa terbaik di sekolahnya masing-masing untuk mengikuti seleksi tersebut.

Dituturkannya, sesuai data yang mereka terima dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, ada 24 unit SMA dan SMK sederajat di Tanjungpinang baik negeri dan swasta.

Artinya, apabila seluruh SMA sederajat di Tanjungpinang mengirimkan 20 siswa-siswi dari sekolahnya, maka total peserta yang akan mengikuti seleksi tingkat pertama sebanyak 480 orang. Kemudian tim menyaringnya menjadi 240 orang.

Dari 240 siswa ini, akan disaring lagi siapa yang terbaik menjadi 32 orang yang dilaksanakan oleh tim TNI-Polri.

Dijelaskannya, ada tiga hal dasar yang menjadi penilaian utama saat seleksi pertama ini. Diantaranya tinggi badan, berat badan dan kemampuan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) dasar masing-masing siswa.

Baca Juga :  Kembali Dianggarkan Rp4,8 Miliar

Untuk diketahui, tinggi badan minimal untuk siswi 165 Cm dan tinggi badan siswa minimal 170 Cm.

”Selain itu, prioritas calon peserta Paskibra yaitu siswa yang kini duduk di Kelas X atau kelas satu SMA sederajat,” ujar Dani, kemarin.

Alasannya memilih siswa Kelas X, agar tahun berikutnya bisa mengajari adik kelasnya. Bila anggota Paskibra yang dipilih Kelas XI SMA sederajat, dikhawatirkan tak punya waktu menurunkan ilmu ke adik kelasnya karena kesibukan persiapan Ujian Nasional (UN) tahun berikutnya.

Terkait pengumuman siapa saja yang lulus seleksi akan diberitahukan beberapa waktu ke depan setelah diputuskan panitia seleksi. (dlp)

Loading...

1 KOMENTAR

  1. Kepada yth admin Tanjungpinang pos, saya sedikit keberatan dengan keterangan yang tertera di atas. Sekolah di atas bukanlah SMA 1 Tanjungpinang, melainkan SMA Santa Maria Tanjungpinang. Mohon perbaikannya, terimakasih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here