Dispora Terbentuk, Sekolah Inginkan Program Kompetisi Rutin

0
869
SISWA Sekolah Dasar (SD) Negeri 009 Bintan Timur, antusias mengikuti peningkatan latihan fisik, saat mengikuti praktik mata pelajaran Penjas, kemarin.f-yendi/tanjungpinang pos

Harapan Guru Pendidikan Jasmani di Bintan Timur

KIJANG – Guru olahraga atau yang biasa memberikan mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskesrek) di Kecamatan Bintan Timur, menyambut baik terbentuknya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). Diharapkan, program yang dibuat satu OPD ini lebih mengarah kepada prestasi olahraga pemuda dan pelajar di lingkungan sekolah.

Seperti yang disampaikan Fahresi Angga Gunawan SPd, guru bersertifikasi Penjaskesrek SDN 009 Bintan Timur, Senin (5/3) kemarin. Angga menjelaskan, awalnya bidang olahraga digabung dalam OPD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Saat itu, dinas lebih banyak membenahi tentang tenaga pengajar, sarana pendidikan dan kurikulum. Sementara, bidang olahraga diabaikan.

Baca Juga :  Pembangunan Talud Masjid Terkesan Asal-asalan

”Saya masih ingat ketika Pak Bupati H Apri Sujadi baru menjabat, tahun 2016 lalu,” ujar Angga di sela memberikan latihan fisik back up bagi pelajar SDN 009 Bintan Timur, pagi kemarin.

Pada masa itu (2016), anggaran untuk kontingen Popda Bintan tidak dialokasikan di APBD. Mungkin karena tidak diprogramkan atau hilang saat pembahasan di lembaga dewan. Bupati patut diacungkan jempol, dia memperjuangkan agar Bintan mengirim tim Popda. Alhasil, tim Bintan ikut bertanding. Itu membuktikan, Bupati dan Wabup Bintan saat ini peduli dengan olahraga.

Baca Juga :  Pergantian Manajemen, SPBU di Km 25 Kijang Sempat Tutup

Terlebih lagi ketika bidang olahraga dipisah dari Dinas Pendidikan. Dengan harapan bidang olahraga mendapat porsi lebih. Tapi, dalam program berjalan, bidang kebudayaan dinilai lebih menonjol, dibandingkan olahraga. Karena sesuai dengan potensi. Porsi olahraga ditambah pada APBD perubahan 2017, itu pun setelah tim Liga 3 dan tim Soeratin PS Bintan melaju ke nasional. Sekarang, Dinas Pemuda dan Olahraga berdiri sendiri. Ini jelas, sasarannya untuk memajukan olahraga.

”Kami senang dengan terbentuknya Dispora dan Dinas Pendidikan, masing-masing berdiri sendiri. Semoga saja diprogramkan kompetisi olahraga pelajar secara rutin. Selain menunjang program kebugaran jasmani siswa, juga memotivasi prestasi atlet usia dini,” jelas Angga.

Baca Juga :  KEK Diresmikan, Bupati Prioritaskan Anak Bintan

”Tapi, tentunya tergantung bagaimana memprogramkan bidang olahraga yang tepat di Dispora nanti,” tutup Angga, wasit sepak takraw berlisensi internasional Asia dari Bintan (Kepri) ini. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here