Distamben Tak Temui Pekerja Tambang

0
745
Petugas Satpol PP mengecek kawasan yang memiliki potensi tambang timah, di Bintan, baru-baru ini.

BINTAN – DINAS Pertambangan, Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kepri menurunkan tim, untuk mengecek aktivitas tambang timah ilegal di Desa Sri Bintan, Teluk Sebong, Selasa (3/10) lalu. Namun, tim Distamben Kepri tidak menemui pekerja tambang di daerah tersebut.

Kepala Seksi Teknik dan Lingkungan Pertambangan Mineral pada Dinas ESDM Provinsi Kepri, Reza Muzzamil Jufri menuturkan, pihaknya sudah terjun ke lokasi, dan menggali sejumlah informasi dari masyarakat sekitar. Distemben mengecek ke lokasi tambang timah ilegal itu, berdasarkan informasi masyarakat dan media massa.

”Untuk memastikan itu, maka tim kami turun ke lapangan. Cek ke lapangan, tak ada yang bekerja,” tegasnya, saat dihubungi, Kamis (5/10) kemarin.

Baca Juga :  10 Pengurus Anak Cabang PDIP Bintan Dilantik

Dari informasi masyarakat sekitar, Reza mengatakan, tidak ada aktivitas pertambangan ilegal, seperti yang dihebohkan masyarakat Bintan, akhir-akhir ini. Ia menyatakan, kemungkin masyarakat salah persepsi. Aktivitas tambang yang dimaksud itu, adalah aktivitas eksplorasi, atau aktivitas mencari dan melakukan penjelajahan.

”Mungkin pada waktu itu, ada aktivitas eksplorasi, bukan melakukan penambangan secara ilegal,” tegas Reza.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPRD Bintan Daeng M Yatir menyampaikan, dari laporan masyarakat Sekuning, Desa Sri Bintan, saat ini ada kegiatan tambang timah. Pengusaha sudah memploting kawasan tersebut. Bahkan, sudah ada bijih timah yang dijual perusahaan tersebut.

Baca Juga :  Bupati Undang BNN, Tes Urine Honorer

”Aktivitas tambang timah ini perlu dipertanyakan keabsahannya. Karena dalam Perda RTRW, kawasan itu adalah hutan produksi, bukan untuk timbang timah. Kita sudah temui pihak perusahaan. Mereka ngaku IUP eksplorasi. Tapi infonya, sudah jual timah ke penampung,” kata Yatir, baru-baru ini.

Sementara, Humas PT Adi Karya Andi Cori Fatahuddin menyatakan, pihaknya sudah memiliki IUP eksplorasi tambang timah, dari Dinas Pertambangan ESDM Kepri dan Badan Perizinan Provinsi Kepri.

”Kami tidak melakukan penambangan, baru eksplorasi untuk mengecek deposit atau jumlah kandungan timah, di kawasan Sekuning, Sri Bintan itu. Silakan cek ke Pemprov Kepri, mengenai izin eksplorasi kami,” tantang Cori, kemarin.

Baca Juga :  Hujan Sebentar, Empat Rumah Terendam Banjir

Sementara warga menyebutkan, penambangan timah itu sudah menghasilkan 2 ton perhari. Dan pengakuan warga ini juga disampaikan anggota DPRD Bintan Daeng M Yatir. ”Dari data yang kita kumpul mereka sudah melakukan penambangan dengan hasil rata-rata 2 ton perhari,” ucap yatir beberapa waktu lalu.(SUHARDI-YENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here