Distan Klaim Daging di Bintan Sehat

0
576
CEK DAGING: Tim kesehatan hewan dari Distan Bintan drh Iwan Berri Prima mengecek kesehatan daging di pasar. f-yendi/tanjungpinang pos

BINTAN – Dinas Pertanian Kabupaten Bintan melakukan inspeksi keamanan pangan asal hewan, di pasar kecamatan di Bintan, terutama di di wilayah Bintan Timur dan Kecamatan Bintan Utara. Dari hasil pengecekan di kalangan pedagang dan tempat pemotongan, daging di Bintan dinyatakan aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Bintan drh Iwan Berri Prima menjelaskan, pemantauan ini bertujuan untuk memastikan produk pangan asal hewan aman sehat utuh dan halal (ASUH). Terutama daging yang dijual pedagang di pasaran, wilayah Bintan.

”Setelah kami cek, di lapangan tidak ditemukan kasus, seperti ayam mati atau tiren, maupun daging glonggongan dan lain-lain. Daging yang dijual di Bintan bebas bakteri lah,” ujarnya usai memeriksa daging di pasar Bintan Timur, Kamis (22/6) kemarin.

Hanya saja, kata Berri Prima, di beberapa tempat penjualan daging, masih ada pedagang yang mengemas dagingnya menggunakan plastik warna hitam. Ada pula yang memberikan pewarna makanan pada dagingnya, meski tidak berbahaya. ”Daging ayam yang kami periksa sekitar 30-an lapak. Untuk daging sapi, sekitar 10 lapak penjual daging. Tersebar di Bintim dan Binut,” jelasnya. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here