Distan Klaim Kesehatan Ternak di Bintan Aman

0
237
PETUGAS surveilance kesehatan hewan mengambil sampel darah, pada ternak sapi milik warga, kemarin. F-yendi/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bintan mengklaim, kesehatan ternak di Kabupaten Bintan masih aman, untuk saat ini. Hal itu berdasarkan hasil surveilance dan monitoring, beberapa hari ini.

Survei penyakit hewan dilakukan tim Kesehatan Hewan Distan Bintan bersama BVET Bukit Tinggi (Sumbar). Surveilance dan monitoring ini bertujuan untuk mengetahui status kesehatan ternak terutama pada ternak sapi.

”Alhamdulillah, hasilnya secara gejala klinis tidak ditemukan kasus penyakit menular berbahaya di Bintan. Kesehatan ternak di Bintan aman,” Drh Iwan Berri Prima, Kepala Seksi Kesehatan Hewan Distan Bintan, Kamis (12/4) kemarin.

Jumlah ternak yang disurvei 70 ekor ternak sapi dan 75 ekor ternak babi. Ternak diambil sampel darahnya, dan dibawa ke laboratorium BVET Bukit Tinggi, untuk mendukung hasil monitoring dan surveilance yang telah dilakukan. Untuk ternak sapi lokasi surveilance di Kecamatan Bintan Utara, Teluk Sebong, Teluk Bintan, Toapaya dan Gunung Kijang. Sedangkan ternak babi lokasinya di Kecamatan Toapaya dan Bintan Timur.

”Khusus untuk sapi, surveilance dilakukan dalam rangka antisipasi stok hewan kurban tahun 2018 ini. Penyakit pada sapi yang diwaspadai adalah penyakit jembrana, penyakit anthraks dan brucellosis. Dari hasil survei, ternak di Bintan bebas dari penyakit-penyakit itu,” jelasnya.

Penyakit babi yang diwaspadai adalah penyakit virus kolera. Penyakit itu sangat mematikan pada ternak dan beberapa bisa menular ke manusia. Dan berbahaya untuk kesehatan masyarakat. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here