Distribusikan CNG di Batam dengan Cradle

0
600
Teknisi PGN sedang melakukan perawatan jaringan PGN.f-istimewa-pgn

BATAM – PT PGN Tbk melalui anak perusahaannya, PT Gagas Energi Indonesia (GGI) mendistribusikan gas, menggunakan cradle. Penggunaan cradle itu dimaksudkan untuk pelanggan komersil, yang belum terlayani dengan gas pipa. Distribusi cradle ini akan menggunakan gas berbentuk CNG.

Area Head PT Gagas Energi Indonesia, Tria Siswandi, Kamis (20/12) mengatakan, penerapan sistem distribusi itu dilakukan, karena peminat gas di Batam cukup tinggi. Terutama dari sektor pelanggan komersial. Sementara pipa gas untuk wilayah pelaku usaha itu belum tersambung.

Baca Juga :  Minta BMAD Produk Batam ke Daerah Pabean Dihapus

”Sehingga kita adakan CNG untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan yang belum terlayani dengan gas pipa,” kata bebernya.

Saat ini diakui, jaringan gas (jargas) di Batam masih terbatas. Sementara peminatnya tinggi. Sehingga mereka menyiapkan inovasi agar dapat menyalurkan energi baik ke seluruh konsumennya. ”Dengan cradle, PGN memenuhi kebutuhan pelanggan komersil,” sambungnya.

Diakui Tria, CNG melaui cradle itu relatif lebih murah dibanding gas elpiji. Harganya di bawah sekitar 10 sampai 20 persen. Harganya hanya Rp9.000 per meter kubik. Gagas Energi Indonesia sendiri, menyiapkan 12 unit cradle untuk pelanggan yang sudah menandatangani kontrak tahunan dengan anak perusahaan PGN itu.

Baca Juga :  Bawa Sabu, Pasutri Diamankan

”Empat unit cradle akan dipasang di usaha pencucian baju, restoran dan katering yang tersebar di Bengkong, Baloi, Jodoh dan Barelang,” beber Tria.

Sementara unit lain berkapasitas 200 meter kubik CNG atau setara 180 Kg elpiji, akan didatangkan bertahap hingga Januari 2019. Pelanggan tidak dikenakan biaya investasi cradel. ”Semuanya telah disediakan, termasuk alat ukur dan perlengkapan lainnya,” ujarnya.

Sementara biaya perawatan rutin cradel, semua ditanggung anak perusahaan PGN itu. ”Pelanggan tinggal menikmati gas di tempat usahanya. Cradel ini bisa diisi ulang. Nanti, perusahaannya yang akan mengisi menggunakan mobil ‘storage’ langsung ke tempat usaha pelanggan,” imbuh dia. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here